PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Ariska Dina Safitri, Muslikhah Dwihartanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) pergaulan teman sebaya, (2) metode mengajar guru, (3) pergaulan teman sebaya dan metode mengajar guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkatoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkatoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan jumlah 49 siswa. Uji coba butir soal penelitian dilakukan pada siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda setelah uji prasyarat analisis dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pergaulan teman sebaya memiliki pengaruh sebesar 35% dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. (2) metode mengajar guru berpengaruh sebesar 45,1% dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. (3) pergaulan teman sebaya dan metode mengajar guru secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 73,1% dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Berdasarkan hasil tersebut variabel yang paling berpengaruh pada penelitian ini yaitu metode mengajar guru.

 

Kata kunci      :           Pergaulan Teman Sebaya, Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ismail SM. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: RaSAIL Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter