KUALITAS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Irma Widyastuti, Siti Umi Khayatun Mardiyah

Abstract


           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester gasal Standar Kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta ditinjau dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah lembar jawab ujian akhir semester gasal seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran dan kunci jawaban ujian akhir semester gasal Standar Kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates Version 4.09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ditinjau dari aspek validitas, 20 butir soal (50%) menunjukkan valid, 20 butir soal (50%) menunjukkan tidak valid; 2) ditinjau dari aspek reliabilitas, memiliki reliabilitas sebesar 0,68 sehingga soal termasuk dalam kategori tidak reliabel (un-reliable); 3) Aspek tingkat kesukaran termasuk dalam kategori sangat mudah dengan 20 butir soal (50%), sehingga butir soal termasuk rendah; 4) aspek daya pembeda menunjukkan bahwa butir soal dalam kategori sangat buruk dengan 13 butir soal (32,5%) tetapi memiliki persebaran daya pembeda yang merata di setiap kategori yang dijadikan patokan; 5) aspek efektivitas pengecoh menunjukkan bahwa butir soal dalam kategori buruk dengan 18 butir soal (45%) tetapi memiliki pengecoh yang merata di setiap kategori yang dijadikan patokan.

 

Kata kunci: Analisis Butir Soal, Mengelola Sistem Kearsipan


Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Eko Putro Widoyoko. (2010). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karno To. (2003). Mengenal Analisis Tes Pengantar ke Program Komputer Anates. Bandung: FIP UPI.

Nana Sudjana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter