FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENURUNNYA JUMLAH PENGUNJUNG DI OBYEK WISATA AIR BOJONGSARI (OWABONG)

Fadlan Gilang Nugroho, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah pengunjung di Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) berdasarkan karakteristik responden yang terdiri dari jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan pendidikan terakhir.

Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah pengunjung di Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) yang dibagi kedalam dua dimensi faktor yaitu dimensi fasilitas dan dimensi pelayanan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang pada saat dilakukan penelitian sedang berkunjung di Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) yaitu mulai tanggal 2 April sampai 17 April 2016. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan sampling insidental. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah pengunjung di Obyek Wisata Air Bojongsari adalah: (1) naiknya harga tiket masuk Owabong; (2) wahana dan fasilitas permainan air di Owabong belum seimbang dengan harga tiket masuk; (3) penghapusan gratis soft drink bagi pengunjung yang memiliki tiket masuk; (4) kamar bilas yang tersedia di Owabong belum memadai dan fasilitas untuk keperluan bilas belum lengkap; (5) kamar bilas yang tersedia di Owabong jumlahnya belum cukup untuk menampung pengunjung yang melakukan bilas; (6) lambatnya pelayanan di bagian tiket masuk; (7) karyawan Owabong tidak bersikap responsif terhadap para pengunjung; (8) penjaga kolam renang (lifeguard) tidak memberikan perhatian yang maksimal pada pengunjung; (9) kebersihan yang tidak terjaga di area Owabong; (10) kebersihan air di dalam kolam renang tidak terjaga.

                                                                                                                     

Kata Kunci : penurunan jumlah penunjung, obyek wisata wisata air bojongsari

Full Text:

PDF

References


Fandy Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Banyumedia Publishing.

Philip Kotler & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

James J. Spillane. 1989. Ekonomi Pariwisata. Yogyakarta: Kanisius.

Basu Swasta Dharmmesta & T. Hani Handoko. 1997. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter