KINERJA GURU KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Seto Wicaksono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kinerja guru administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, 2) mengetahui kendala yang dihadapi guru AP dalam melaksanakan kinerja terkait dengan tugas pokok dan fungsi, 3) mengetahui upaya yang dilakukan guru AP untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan kinerja terkait dengan tugas pokok dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling sehingga terdapat informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru AP yang berjumlah 7 orang, sedangkan informan pendukung yaitu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Wates, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana dan Ketenagaan serta siswa kelas X dan XI AP yang berjumlah 16 orang. Dalam pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis interaktif yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kinerja guru administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi terkait dengan disiplin waktu, kreativitas dalam mengajar, serta motivasi dalam mengajar masih tergolong rendah; (2) kendala guru administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yaitu: hampir seluruh guru administrasi perkantoran sulit untuk berdisiplin waktu, sebagian besar guru administrasi perkantoran masih malas untuk membuat media pembelajaran yang seharusnya digunakan dalam menyampaikan materi, dalam kegiatan pembelajaran, fasilitas yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif; (3) upaya yang dilakukan guru administrasi perkantoran untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yaitu guru akan mengusahakan tetap datang ke sekolah dan masuk ke kelas untuk mengajar, guru sudah menggunakan media internet dalam mengembangkan materi untuk mengajar.

Kata Kunci: kinerja guru administrasi perkantoran, tugas pokok, fungsi


Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamzah B. Uno. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa.(2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suparlan.(2008). Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Syaiful Bahari Djamarah. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif:

Suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter