PROFIL KOMPETENSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI KOTA YOGYAKARTA

Adani Malik, Sutirman Sutirman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kompetensi guru tentang: (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial dan, (4) kompetensi profesional guru sekolah menengah kejuruan kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Menengah Kejuruan kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta sejumlah 17 guru, 20 siswa Sekolah Menengah Kejuruan kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi dan membercheck. Analisis data menggunakan teknik interactive model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta baik, (2) kompetensi kepribadian guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta sangat baik, (3) kompetensi sosial guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Administrasi perkantoran di Kota Yogyakarta baik, (4) kompetensi profesional guru Sekolah Menengah Kejuruan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta baik, (5) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru yaitu dengan mengikuti MGMP, mengikuti Diklat profesi guru dan peningkatan pendidikan S-2.


Full Text:

PDF

References


Clack, L and Winch. (2007). Vocational Education International Approach Development and System. New York. Routledges

Hamzah B Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sofo, F. (1999). Human Resource Deveopment, Perspective, Roles and Practice Choice. Business and Professional Publishing,Warriewood, NWS.

Sudarman, D dan Khairil, (2011). Profesi Kependidikan . Bandung. Alfabeta.

Sutirman. (2012). Pengembangan SMK Menghadapi Tantangan Global. Diakses dari http://tirman.wordpress pada tanggal 30 januari 2018

_______. (2015). Menggagas Model Peningkatan Profesionalitas Guru SMK Administrasi Perkantoran melalui pelatihan Berbasis Kompetensi . Prosiding Seminar Nasional Wates, Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Syukri. (2007). Pengembangan Kompetensi Guru (Artikel.) Diakses dari http://staff.uny.ac.id Pada tanggal 15 Januari 2018. Jam 09.00 WIB.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Tip: Pustaka Widyatama Tt) P.6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter