KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU DI KANTOR KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Septiana Dwi Jayanti, Muhyadi Muhyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pelayanan Kantor Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta diukur berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan berdasarkan analisis IKM dengan bentuk angka. Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta pada bulan Juni- Juli 2018. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas butir instrumen menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,896. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai IKM untuk kinerja pelayanan sebesar 3,11 dengan angka konversi sebesar 77,75 dari rentang score 25-100 yang artinya masyarakat merasa puas terhadap pelayanan di Kantor Kecamatan Umbulharjo. Hasil dari 14 indikator indeks kepuasan masyarakat, unsur kesopanan dan keramahan petugas pelayanan merupakan unsur dengan nilai tertinggi dengan nilai IKM sebesar 83,75 dan berada pada tingkat sangat puas. Unsur dengan nilai terrendah terdapat pada unsur kecepatan pelayanan dengan nilai IKM sebesar 75,50 dan berada pada tingkat puas.


Full Text:

PDF

References


Bambang Prasetyo dan Luna Miftahul Jannah. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Dwiyanto, Agus, dkk (2003). Reformasi Tata Pemerintah dan Otonomi Daerah. Pusat studi Kependudukan dan Kebijakan. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta

Harbani Pasolong. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan IndeksKepuasan Masyarakat.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81/KEP/M.PAN/7/1993 tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan.

Lembaga Administrasi Negara. (2004). System Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI): Dalam Landasan dan Pedoman Pokok Penyelenggaraan dan Pengembangan System Administrasi Negara.

Moenir.H.A.S. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Westbrook dan Reilly 1983 dalam Tjiptono,Fandy. (2005). Brand Management and Strategy : Penerbit Andi.

Zeithaml, Valerie A, A Parasuman, Leonard L Berry. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Costumer Perceptions and Expectations. New York : The Free Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter