PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BALAI BESAR KERAJINAN DAN BATIK (BBKB) YOGYAKARTA

Sarah Idha Fatmala, Rosidah Rosidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai di Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta yang berjumlah 126 pegawai. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel sebanyak 95 pegawai. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala Likert. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas, selanjutnya uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja dengan kinerja pegawai di Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta, dengan koefisien korelasi ( sebesar 0,620, koefisien determinan () sebesar 0,384. Pada taraf signifikansi 5%,  (7,614) >  (1,985). Berdasar koefisien determinan () sebesar 0,384 artinya lingkungan kerja mempengaruhi kinerja pegawai sebesar 38,4%, sedangkan 61,6% lainnya ditentukan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian.


Full Text:

PDF

References


Artandi, F.F. (2015). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Merapi Agung Lestari. Skripsi. UNY.

Balai Besar Kerajinan dan Batik. (2017). Laporan Kinerja Balai Besar Kerajinan dan Batik Revisi Setelah Audit. (diakses dari https://bbkb.kemenperin.go.id/)

Lhankeshwara. P. (2016). A study on the impact of workplace environment on employee’s performance: with reference to the Brandix Intimate Apparel – Awissawella. International Journal of Multidisciplinary Studies (IJMS) (Volume 3, Issue 1). Hlm 2-3

Mangkunegara, A.P. (2012). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

_________________(2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nitisemito, A.S. (2007). Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manusia). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Tulenan, Samuel. (2015). The Effect Of Work Environment and Compensation Toward Employee Performance at The Office of State Assets and Auction Service Manado. Jurnal EMBA (Vol.3 No.3). Hlm. 3.

Sedarmayanti. (2007). Manajemen Perkantoran Modern. Bandung: Mandar Maju

_________. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 21. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Edy. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Rivai, Veithzal, dkk. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter