Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

EDISI VOLUME 4, NO 6 JUNI 2015

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)DENGAN STRATEGI DIAGRAM ROUNDHOUSE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA TEMA “BAHAYA MEROKOK” SISWA KELAS VIII G SMP N 1 PIYUNGAN
HASTARI DINA SYAFITRI (11315244013)

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 SLEMAN
RITA KURNIASIH (11315244026)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIVAN SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 4 SAMIGALUH
AVISIA SURYANINGTYAS (11315244016)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS GUIDED INQUIRY DENGAN TEMA “AIRKU TERCEMAR” UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP
BRIVETA HARSAKSILA PRATIWI (11315244021)

PENGEMBANGAN SOAL TES PILIHAN GANDA BERBASIS LITERASI SAINS IPA TEMA INDERA PENDENGARAN DAN SISTEM SONAR PADA MAKHLUK HIDUP KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WATES
MUFTI NUR ILMA (11315244002)

PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR PESERTA DIDIK KELAS VII B DI SMP N 2 PANJATAN
YENI CAHYANINGRUM MULATSIH (11315244017)

KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS VII SMPN 5 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
APRIYANA SANDRANUARI (11312241011)

PEN ERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) KELAS VIII C SMP NEGERI 2 TEMPEL
GUSTIN WINDRIYANA (11315244015)

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui kelayakan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Kelas VII Semester Genap yang dihasilkan menurut para ahli dan praktisi ditinjau dari segi kesesuaian materi, penulisan dan organisasi petunjuk praktikum, kebenaran konsep, kedalaman materi, bahasa dan kegrafisan; 2) Mengetahui respon siswa terhadap Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Kelas VII Semester Genap; dan 3) Mengetahui practical skills siswa yang menggunakan Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Inkuiri Kelas VII Semester Genap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap yaitu analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi petunjuk praktikum, lembar observasi ketercapaian practical skills, dan angket respon siswa. Petunjuk praktikum IPA divalidasi oleh 4 validator yang terdiri atas 2 dosen ahli dan 2 praktisi (guru IPA SMP). Subjek uji coba adalah siswa kelas VII F SMP N 6 Yogyakarta dengan materi praktikum uji ingenhous. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petunjuk praktikum IPA yang telah dikembangkan layak digunakan dengan kategori sangat baik (A). Respon siswa terhadap petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (A). Ketercapaian practical skills siswa yang menggunakan petunjuk praktikum IPA hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil 95,8% pada tema praktikum uji Ingenhousz.
FITHRIA UTAMI (11315244019)

Jurnal UNY - Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1 - EDISI VOLUME 4, NO 6 JUNI 2015

Shared

Calendar
September 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)