Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

1 (Juli-Agustus 2012) Vol. 1 No. 1

  PENGEMBANGAN MODUL BERGAMBAR MENGENAI LARUTAN   ASAM BASA STOIKIOMETRI DAN TITRASI ASAM BASA UNTUK   KELAS XI SMA RSBI  

Penulis 1 : NENDROWATI (08303244002)
Penulis 2 : Prof. KH. Sugijarto, Ph.D
Penulis 3 : Dyah Purwaningsih, M.Si
Abstrak

 

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan

 

kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul bergambar

 

mengenai larutan asam-basa, stoikiometri dan titrasi asam-basa untuk kelas XI

 

SMA RSBI yang berkualitas (2) menilai kualitas modul bergambar yang

 

dikembangkan.

 

Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE

 

termodifikasi, yaitu model desain instruksional yang terdiri atas lima tahap yang

 

meliputi: Tahap Analisis (

Analysis), Tahap Desain (Design), Tahap

Pengembangan (

Development), Tahap Implementasi (Implementation) dan Tahap

Evaluasi (

Evaluation), tanpa Tahap Implementasi (Implementation). Modul

bergambar yang disusun terdiri atas Kegiatan Belajar 1 yaitu Teori Asam-Basa,

 

Kegiatan Belajar 2 yaitu Kekuatan Asam-Basa, Kegiatan belajar 3 yaitu Indikator

 

dan Kesetimbangan Asam-Basa serta Kegiatan Belajar 4 yaitu Stoikiometri dan

 

Titrasi Asam-Basa. Produk awal modul bergambar ditinjau dan diberi masukan

 

oleh

peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Kualitas modul bergambar dinilai

oleh

reviewer yaitu guru kimia dan peserta didik kelas XI SMA RSBI dengan cara

mengisi angket penilaian yang berisi tiga komponen penilaian yaitu komponen

 

kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa dan gambar.

 

Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul bergambar mengenai

 

larutan asam-basa, stoikiometi dan titrasi asam-basa untuk kelas XI SMA RSBI.

 

Kualitas modul bergambar berdasarkan penilaian lima guru kimia adalah sangat

 

baik (SB) dengan skor rata-rata yang diperoleh 102,2 dengan skala konversi skor

 

ideal (

x) > 100,8. Kualitas modul bergambar berdasarkan penilaian lima peserta

didik adalah sangat baik (SB) dengan skor rata-rata yang diperoleh 95,8 dengan

 

skala konversi skor ideal (

x) > 92,4001.

 

Kata Kunci
pengembangan, modul bergambar, asam-basa, RSBI

Abstract

 

This research is a research of learning resource development in the field of

 

chemistry education. The aims of the research are (1) to develop the pictorial

 

module of acid-base solution, sthoichiometry and acid-base solution for students

 

of XI international Senior High School Class which has good quality (2) assess

 

the quality of pictorial module.

 

The development model which used is a modified ADDIE model,

 

instructional design consist of five phases are Analysis, Design, Development,

 

Implementation and Evaluation phases but without implementation. This pictorial

 

module consist of Learning Activity 1 is acid-base theory, Learning Activity 2 is

 

the strength of acid-base, Learning Activity 3 is indicators and acid-base

 

equilibrium and Learning Activity 4 is sthoichiometry and acid-base titration. The

 

initial pictorial module is assessed by peer reviewer, material and media experts.

 

The quality of pictorial module is assessed by reviewer are chemistry teachers and

 

students of XI class to fulfill the questionnaire that include three component, i.e.

 

the feasibility of the component material/content, the component of presentation

 

and the component of language and image.

 

The product of this research is pictorial module of acid base solution

 

sthoichiometry and acid base titration for students XI International Senior High

 

School Class. The quality of pictorial module based on the assessment of five

 

chemistry teachers has a very good quality with the average score of 102.2 by the

 

ideal score conversion scale (

x) > 100.8. The quality of pictorial module based on

the assessment of five students has a very good quality with the average score of

 

95.8 by the ideal score conversion scale (

x) > 92.4001.

 

Keyword
development, pictorial module, acid-base, RSBI
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
January 2018
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)