Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 6, Agustus 2014

HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DAN XII JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MA’ARIF 1 WATES TAHUN AJARAN 2012-2013

Penulis 1 : RAPIH SAPTO WIDIYANTORO (09502244010)
Penulis 2 : Drs. Abdul Halim SUnawi
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan status sosial
ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui hubungan
lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa dan (3) untuk mengetahui
hubungan status sosial ekonomi dan lingkungan sekolah secara bersama-sama
terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII Jurusan Teknik Audio Video SMK
Ma’arif 1 Wates tahun ajaran 2012-2013.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan expostfacto.
Penelitian melibatkan seluruh siswa kelas XI dan XII Jurusan Teknik Audio
Video SMK Ma’arif 1 Wates Tahun Ajaran 2012-2013 dengan jumlah sebanyak 60
siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah mengenai status sosial ekonomi
orang tua siswa (X1) dan Lingkungan sekolah (X2), serta variable terikatnya berupa
Prestasi Belajar Siswa (Y). Data diperoleh berdasarkan hasil kuesioner atau angket
untuk variable Status Sosial Ekonomi Orang Tua Siswa dan Lingkungan Sekolah dan
untuk variable Prestasi Belajar Siswa diperoleh berdasarkan dokumentasi nilai raport
siswa. Angket yang diberikan kemudian dilakukan peskoran dengan menggunakan
skala likert. Masing-masing alternative soal diberikan bobot skor sehingga data yang
diperoleh berupa data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah
menggunakan analisis korelasi dua variable dan analisis korelasi ganda (multivariate)
dengan uji prasyarat analisis berupa normalitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)terdapat hubungan positif signifikan
antara status sosial ekonomi orang tua siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas
XI dan XII jurusan teknik audio video SMK Ma’arif 1 Wates dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,861 dan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). (2)Terdapat
hubungan positif signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar
siswa kelas XI dan XII jurusuan teknik audio video SMK Ma’arif 1 Wates dengan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,745 dan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). (3)Terdapat
hubungan postif signifikan secara bersama-sama antara status sosial ekonomi orang
tua siswa dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII
jurusan teknik audio video SMK Ma’arif 1 Wates dengan nilai koefisien korelasi
sebesar 0,865 dan hasil uji signifikasi dengan nilai Fhitung sebesar 84,949 lebih besar
dibanding dengan nilai Ftabel pada taraf signifikan 5% yaitu 3,16.

Kata Kunci
Status sosial ekonomi orang tua, Lingkungan sekolah, Prestasi belajar siswa

Abstract

The aims of this study are: (1) Determine the relationship between
socioeconomic status of the parent with the students achievement from XI and XII
grade of Ma’arif 1 Wates Audio Video’s major vocational high School students; (2)
Determine the relationship between the learning environment with the students
achievement from XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Audio Video’s major
vocational high School students; (3) Determine the relationship between
socioeconomic status of the parent and the learning environment with the students
achievement from XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Audio Video’s major
vocational high School students.
This research used Ex-post facto analysis. Research involved all of the
students from XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Audio Video’s major vocational in
2012-2013, the total were 60 students. As Independent variable are socioeconomic
status of the parent (X1) and the learning environtment (X2) and the Dependent
variable is the student achievement from XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Audio
Video’s major vocational high School students (Y). Questionnaires and
documentation used as the research instrument.The data’s analysis used correlation
analysis and multivariate analysis with the requirements analysis are used Normality
and Linierity. Results of this study showed that (1) There are possitive and
significant relationship between socioeconomic status of the parent with the
students achievement from XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Wates Audio Video’s
major vocational in 2012-2013, that’s evidenced by 0,861 of correlation coefficient
value and the signification is 0,000 (<0,005) (2) There are possitive and significant
relationship between the learning environtment with the students achievement from
XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Wates Audio Video’s major vocational in 2012-
2013, that’s evidenced by 0,745 of correlation coefficient value and the signification
is 0,000 (<0,005) (3) There are possitive and significant relationship between
socioeconomic status of the parent and the learning environment with the students
achievement from XI and XII grade of Ma’arif 1 Wates Audio Video’s major
vocational high School students, that’s evidenced by 0,865 of correlation coefficient
value and 86,949 of fregression that bigger than ftable value (3,16) on the extent
signification is 5%.

Keyword
Socioeconomic status of the parent, Learning Environtment, Students achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)