Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 3. Volume 3. No. 7 Juli 2014

SUMBANGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SOAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

CONTRIBUTION OF UNDERSTANDING PROBLEM ABILITY TOWARD STUDENTS LEARNING ACHIEVEMENT ON KINEMATICS COURSE

Penulis 1 : NUR AZIZ HIDAYATULLO (09302241044)
Penulis 2 : DADAN ROSANA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak sumbangan yang positif dan signifikan kemampuan pemahaman soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus dan mengukur besarnya sumbangan yang diberikan oleh kemampuan pemahaman soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif. Dalam penelitian deskriptif, penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian studi hubungan (associational study) atau disebut juga studi kolerasional (correlational study), meneliti antara dua hal atau dua variabel atau lebih. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-1, X-2, X-3, dan X-4 MA Negeri 2 Banjarnegara yang berjumlah 118 siswa, kemudian dari 118 siswa diambil sampel secara acak sebanyak 91 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman soal dan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat sumbangan yang positif dan signifikan kemampuan pemahaman soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus dan (2) besar sumbangan kemampuan pemahaman soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi Kinematika Gerak Lurus adalah sebesar 58,8 %.

Kata Kunci
sumbangan, pemahaman soal, prestasi belajar

Abstract

This study is aimed to know there is positive and significant contribution of understanding problem ability toward students learning achievement on kinematics course and to measure the contribution that given by understanding problem ability toward students learning achievement on kinematics course. This study is conducted by descriptive method. In descriptive method, this study is classified to associational study also called correlational study, examined between two things or two variables or more. Subject of this study are the students of X-1, X-2, X-3, and X-4 Islamic High School 2 Banjarnegara which amounts to 118 students, then from 118 students taken at random sampling by 91 students. Independent variable in this study is understanding problem ability and dependent variable is students learning achievement on kinematics course. Data analysis techniques used simple linear regression with SPSS 16.0. The results from this study show that (1) there is positive and significant contribution of understanding problem ability toward students learning achievement on kinematics course and (2) the contribution of understanding problem ability toward students learning achievement on kinematics course by 58,8%.

Keyword
contribution, understanding problem, learning achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)