Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 3. Volume 3. No. 7 Juli 2014

PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PENGUSAAN MATERI POKOK FLUIDA STATIS PADA SISWA KELAS XI SMA

THE DEVELOPMENT OF MEDIA PICTURE STORY BOOKS IN PHYSICS LEARNING TO INCREASE MASTERY OF THE MATERIAL STATIC FLUID FOR HIGH SCHOOL STUDENTS OF GRADE XI

Penulis 1 : AZIZ FIRMANSYAH (10302241023)
Penulis 2 : BAMBANG RUWANTO
Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh buku cerita bergambar fisika berkualitas yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika dan mengetahui peningkatan penguasaan materi pokok fluida statis pada siswa kelas XI SMA setelah melaksanakan pembelajaran fisika menggunakan media buku cerita bergambar fisika. Pengembangan media dilakukan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap develop dilakukan validasi ahli (expert appraisal) yang melibatkan 2 dosen ahli, 1 guru fisika dan 5 peer reviwer. Uji coba (developmental testing) dilakukan dua tahap di SMA N 10 Yogyakarta, uji coba pertama melibatkan 26 siswa kelas XI IPA 4 dan uji coba kedua melibatkan 27 siswa XI IPA 3. Untuk mengetahui kualitas dari media digunakan analisis skala lima, sedangkan untuk mengetahui peningkatan penguasaan materi digunakan analisis gain mutlak yang didapat dari nilai rerata pretest dan posttest. Berdasarkan penilaian dosen ahli, guru fisika,  mahasiswa pendidikan fisika dan siswa kelas XI disimpulkan bahwa telah dihasilkan buku cerita bergambar berkualitas yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika materi pokok fluida statis dengan  kategori sangat baik. Hasil pretest dan posttest pada uji coba terhadap siswa menunjukkan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan penguasaan materi pokok fluida statis. Besar gain untuk uji coba pertama adalah 0,684 yang masuk dalam kategori sedang dan uji coba kedua adalah 0,725 yang masuk dalam kategori tinggi. 

Kata Kunci
pengembangan, media pembelajaran, buku cerita bergambar, fisika, fluida statis, penguasaan materi.

.

Abstract

The purpose of this research is to obtain physical quality picture story art books can use for teaching physics subject and know improve mastery of the subject matter of a static fluid for students grade XI of high school used physics story art book at teaching physics subject. The media developmental is using 4-D models comprising the steps of define, design, develop, and disseminate. At this stage of develop validated expert involving 2 expert lecturers, 1 physics teacher and 5 peer reviewers. Developmental testing is done two stages in SMA N 10 Yogyakarta, the first trial involving 26 students of class XI IPA 4 and the second trial involving 27 students XI IPA 3. To determine the quality of the media used five scale analysis, while for determine the increase mastery of the material used absolute gain analysis. Determination of the absolute gain obtained from the mean pretest and posttest. Based of value assessment expert lecturers, teachers of physics, physics education students and students of grade XI inferred that have produced quality picture story books that deserve to be used in teaching the subject matter physics static fluid with very good category. The results of the pretest and posttest trials of the students indicated that the use of the media picture books can improve mastery of the subject matter of a static fluid. Gain for the first test is 0.684 which is in the category of medium and second trials is 0.725 which is in the high category. 

Keyword
development, media of learning, picture books, physics, static fluid, mastery of the material.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)