Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Fisika - S1

Edisi 3. Volume 3. No. 7 Juli 2014

PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA SECARA INDIVIDUAL DAN KLASIKAL PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI SMA

Penulis 1 : ULIL ALBAB (07302241031)
Penulis 2 : SUHARYANTO
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaaan motivasi belajar dalam pembelajaran antara siswa yang
menggunakan multimedia USER secara klasikal dan individual pada materi Usaha dan Energi di kelas XI IPA SMA
Negeri 1 Kasihan, 2) perbedaaan penguasaan konsep dalam pembelajaran antara siswa yang menggunakan multimedia
USER secara klasikal dan individual pada materi Usaha dan Energi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasihan,
3)pembelajaran yang memberikan motivasi belajar dan penguasaan lebih baik antara pembelajaran menggunakan
multimedia USER secara klasikal dan individual pada materi Usaha dan Energi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1
Kasihan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group
Design. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: data kemampuan awal siswa (hasil pretest), data
penguasaan konsep belajar (hasil posttest) dan data hasil angket motivasi belajar. Berdasarkan analisis data yang
diperoleh dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) tidak ada perbedaan motivasi belajar yang
signifikan dalam pembelajaran menggunakan multimedia USER secara klasikal dan individual pada materi Usaha dan
Energi di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasihan, 2) tidak ada perbedaan penguasaan konsep yang signifikan dalam
pembelajaran menggunakan multimedia USER secara klasikal dan individual pada materi Usaha dan Energi di kelas
XI IPA SMA Negeri 1 Kasihan 3) tidak ada pembelajaran yang memberikan motivasi belajar dan penguasaan konsep
lebih baik antara pembelajaran menggunakan multimedia secara klasikal dan individual pada materi Usaha dan Energi
siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasihan.

Kata Kunci
motivasi belajar, penguasaan konsep, multimedia, pembelajaran secara individual dan klasikal, materi usaha dan energi.

Abstract

This research was aimed to know: 1) the difference on learning motivation between students using USER multimedia
classically and individually in the work and energy material in Science Class of XI graders of SMA Negeri 1 Kasihan,
2) the difference on learning physics mastery between students using USER multimedia classically and individually in
the work and energy material in Science Class of XI graders of SMA Negeri 1 Kasihan, 3) The teaching and learning
process that can give better learning motivation and concept mastery between the teaching and learning process
using USER multimedia classically and individually on the work and energy material in the Science Class of XI
graders of SMA Negeri 1 Kasihan.This research used experimental method with the research design was Pretest-
Posttest Control Group Design. The data obtained from this research includes: the data of students’ initial ability
(pretest result), the data of learning concept mastery (post test result) and the data of the result of learning motivation
questionnaire. Based on the data analysis obtained from this study, it can be concluded that: 1) there is no significant
difference on learning motivation in the teaching and learning psrocess using USER multimedia classically and
individually on the work and energy material in the Science Class of SMA Negeri 1 Kasihan, 2) there is no
significant difference on physics mastery in the teaching and learning process using USER multimedia classically and
individually on the work and energy material in the Science Class of SMA Negeri 1 Kasihan, 3) there is no teaching
and learning process that gives better learning motivation and concept mastery between the teaching and learning
process using USER multimedia USER classically and individually on the work and energy material in the Science
Class of XI graders of SMA Negeri 1 Kasihan.

Keyword
learning motivation, concept mastery, multimedia, teaching and learning process individually and classically, work and energy material.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)