Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

1 (Juli-Agustus 2012) Vol. 1 No. 1

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 KROYA TAHUN AJARAN 2011/2012  

Penulis 1 : POGOH ARIBOWO (08303244035)
Penulis 2 : Drs. H. Sutiman
Penulis 3 : Endang Dwi Siswani, M. T
Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya

 

perbedaan peningkatan yang signifikan antara motivasi dan

 

prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti

 

pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe

 

Think Pair Share, untuk pembelajaran hidrokarbon di kelas X

 

SMA Negeri 2 Kroya tahun ajaran 2011/2012.

 

Berdasarkan tujuan, penelitian ini termasuk penelitian

 

eksperimen, dengan desain satu faktor (model pembelajaran

 

kooperatif tipe Think Pair Share) dan dua sampel (kelas

 

eksperimen dan kelas kontrol). Populasi dari penelitian ini

 

adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Kroya tahun ajaran

 

2011/2012 yang berjumlah 134 peserta didik yang terdiri dari 4

 

kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peserta

 

didik kelas X.1 (kelas eksperimen) dan kelas X.3 (kelas

 

kontrol). Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data

 

motivasi belajar yang dianalisis dengan uji-t dan data prestasi

 

belajar kimia peserta didik yang diuji dengan uji anakova.

 

Hasil uji-t sama subjek untuk motivasi peserta didik

 

diperoleh nilai t

0 sebesar 3,452 dengan p=0,002 (p<0,05). Hal

ini menunjukan ada perbedaan peningkatan yang signifikan

 

antara motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah

 

proses pembelajaran kimia dengan menggunakan model

 

2

 

pembelajaran kooperatif tipe

Think Pair Share (TPS). Hasil

anakova menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan yang

 

signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang

 

mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran

 

kooperatif tipe

Think Pair Share (TPS), dengan peserta didik

yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model

 

pembelajaran kooperatif tipe

Think Pair Share (TPS), jika

pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik

 

(F

0=5,988 > Ftabel=3,99 dan phitung = 0,016).

Kata Kunci
 

Kooperatif, Think Pair Share, Hidrokarbon  

Abstract

 

The purpose of this research were to determine the

 

significant increasing differences between motivation and

 

chemistry learning achievement of the students in studying

 

chemistry who took cooperative learning model type of Think

 

Pair Share (TPS) in teaching-learning hydrocarbon to students in

 

class X of SMA Negeri 2 Kroya 2011/2012 academic year.

 

Based on the objectives, this research was belonging to

 

experimental research, with one factor design (cooperative

 

learning model type of Think Pair Share) and two samples

 

(experiment class and control class). The populations of this

 

research was students of class X of SMA Negeri 2 Kroya

 

2011/2012 academic year, around 134 students consisting of 4

 

classes. The samples of this research was students of X.1 class

 

(experiment class) and students of X.3 class (control class). The

 

data obtained in this research where motivation learning who

 

analyzed by t-test and chemistry achievement data of the

 

students who analyzed by anacova test.

 

The analyzed results of motivation learning by t-test, there

 

was significant increasing difference between student’s

 

chemistry learning motivation before and after taking

 

cooperative learning model type of

Think Pair Share (t = 3.452

and p = 0.002). The analyzed results of chemistry achievement

 

by anacova tes, there was significant increasing difference

 

between the learning achievements of students who took

 

cooperative learning model type of

Think Pair Share (TPS), and

without cooperative learning model type of

Think Pair Share

(TPS), if prior knowledge of students was statistically controlled

 

(F

0 = 5.988 > Ftable = 3.99 and p = 0.016).

Keyword
 

Cooperative, Think Pair Share, Hydrocarbon  

Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
April 2018
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)