Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

3 (Oktober 2012) Vol. 1 No. 3

PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DAILY CHEMISTRY SEBAGAISUMBER BELAJAR KIMIA BAGI SISWASMA/MA KELAS XI IPA

Penulis 1 : NAEILIS SAADAH (08303244008)
Penulis 2 : Heru Pratomo Al, M.Si
Penulis 3 : Karim Theresih S.U
Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Ensiklopedia Daily Chemistry  untuk siswa SMA/MA kelas XI IPA dan mengetahui kualitasnya ditinjau dari komponen kelayakan materi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan gambar, isi, dan penampilan ensiklopedia yang sesuai dengan kriteria standar kualitas ensiklopedia.

Pengembangan dilakukan dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan. Ensiklopedia Daily Chemistry memuat 25 judul entri materi kimia kelas XI IPA yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Produk awal  ditinjau oleh 3 peer reviewer, satu ahli media, dan satu ahli materi. Produk akhir dinilai oleh 5 orang reviewer yaitu guru kimia SMA/MA dari sekolah yang berbeda. Penilaian dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian yang terdiri dari 37 kriteria. Hasil penilaian oleh reviewer berupa data kualitatif   dan diubah menjadi data kuantitatif berbentuk skor yang selanjutnya diubah kembali menjadi data kualitatif  tentang kualitas Ensiklopedia Daily Chemistry berdasarkan kriteria penilaian ideal.

Hasil penelitian pengembangan ini berupa Ensiklopedia Daily Chemistry untuk siswa SMA/MA kelas XI IPA. Berdasarkan hasil penilaian 5 guru, Ensiklopedia Daily Chemistry yang dikembangkan memperoleh skor aktual () = 171,4 yang menurut kriteria penilaian ideal memenuhi  > 155,41. Berdasarkan skor tersebut, Ensiklopedia Daily Chemistry mempunyai kategori kualitas sangat baik (SB), sehingga Ensiklopedia Daily Chemistry dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa SMA/MA kelas XI.

Kata Kunci
Ensiklopedia Daily Chemistry, sumber belajar, kelas XI IPA.

Abstract

This research was a development research in chemistry education. This research purposed to develop Encyclopedia Daily Chemistry a for student  XI science and to know the quality,based on  feasibility material, presentation, image and language, content, and appearance based on standart of quality encyclopedia.

This development  was done with ADDIE development model which included five steps. EncyclopediaDaily Chemistry included 25 entry title about subject matter of chemistry grade XI science that related with daily life. The initial product of EncyclopediaDaily Chemistry reviewed by  peer reviewer, media and subject matter expert. Then the product was reviewed by 5 chemistry teachers of senior high school from different school as reviewer. The evaluation was conducted by using the questionaire form which consisted of 37 criterias. The result of the questionaire were qualititative data and converted to quantitative data (score) and then converted to qualitative data of encyclopedia based on ideal evaluation criteria.

The result of this development research was EncyclopediaDaily Chemistry for student senior high school grade XI science. According to the reviewer, EncyclopediaDaily Chemistry had actual score () = 171.4 was based on ideal evaluation criteria  > 155.41. According to evaluation score, this EncyclopediaDaily Chemistry has a very good quality and could be used as chemistry learning sources for student grade XI science.

Keyword
Ensiklopedia Daily Chemistry, learning sources, gradeXI IPA
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
April 2014
ASSRKJS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
REKTOR UNY PANTAU UN
WORKSHOP PENYEMPURNAAN BORANG AKREDITASI PRODI S3 IPB
ANIMO MASUK PPS UNY MENINGKAT
BKK FT UNY SELENGGARAKAN REKRUTMEN DARI PT PARAGON
MANGAYUBAGYO PURNATUGAS DRS. SUPRIYADI DAN SLAMET M.T., M.PD.


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)