Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Skripsi Mahasiswa TP

Vol III, No 3 (2014)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERWUDHU MELALUI PEMANFAATAN MEDIA FILM KARTUN PADA ANAK KELOMPOK B TK AZ-ZAHRO POGUNG DALANGAN SLEMAN

Penulis 1 : NUNUNG WULANDARI (09105241036)
Penulis 3 : -
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berwudhu melalui pemanfaatan media film kartun pada anak kelompok B TK Az-Zahro Pogung Dalangan Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian anak kelas B, yang berjumlah 11 orang anak. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yang meliputi empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa daftar skala nilai (rating scale). Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media film kartun dapat meningkatkan keterampilan berwudhu anak kelompok B TK Az-Zahro Pogung Dalangan Sleman. Peningkatan keterampilan ini dibuktikan dengan hasil observasi kemampuan awal, belum ada (0%) anak yang mencapai kategori Tinggi, kemudian meningkat menjadi 5 anak (45,5%) pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 8 anak (72,7%) pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 9 anak (81,8%) pada siklus III. Skor rata-rata anak meningkat dari 11 pada observasi kemampuan awal, 29 pada siklus I dan II, dan 32 pada siklus III.

Kata Kunci
keterampilan berwudhu, media film kartun, anak kelompok TK B.

Abstract

This research aims to improve skills of wudhu by using cartoons media children of group B the kindergarten of Az - Zahro Pogung Dalangan Sleman . This research is action class research, the research subjects, the Grade B, which is a total of 11 students . The design study is a classroom action research model that developed by Kemmis and Mc Taggart, which includes four stages, they are: planning, action, observation and reflection . Methods of data collection using rating scale. Analysis of the data by using quantitative descriptive method . The results showed that the use of the cartoon media can improve the wudhu skills of students in kindergarten class B Az - Zahro Pogung Dalangan Sleman. This increasing is evidenced by the observation of the beginning capability, no ( 0 % ) of students who achieved High category, then increased to 5 students ( 45.5 % ) in the first cycle, then increased to 8 students ( 72.7 % ) in second cycle, and increased again to 9 students ( 81.8 % ) in the third cycle. The mean score of students increased from 11 at the beginning of the observation capabilities, 29 in cycle I and II, and 32 in the third cycle.

Keyword
wudhu skills , cartoons media , students of kindergarten group B.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)