Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Skripsi Mahasiswa TP

Vol III, No 3 (2014)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEMESTER II SEKOLAH DASAR NEGERI SEBOMENGGALAN PURWOREJO

Penulis 1 : SINGGIH WIJAYANTO (08105241019)
Penulis 3 : -
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran yang baik untuk
mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar dengan materi “Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia” ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek kurikulum, aspek tampilan, dan aspek
pemrograman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Borg and Gall
(1989) dengan beberapa langkah yaitu penelitian pendahuluan dan pengumpulan data awal,
perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi produk
utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, perbaikan
produk akhir. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi dan wawancara. Data
penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
pengembangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran ini baik digunakan sebagai
media pembelajaran khususnya pada pokok bahasan lingkungan hidup dan pelestariannya.
Hasil penilaian multimedia pembelajaran berdasarkan prosedur pengembangan multimedia: uji
validasi ahli materi sebesar 4,00, ahli media sebesar 4,04. Pada uji coba lapangan tahap awal
dengan rerata 3,76, uji coba lapangan utama dengan rerata 3,97 dan untuk uji coba lapangan
operasional sebesar 4,35 termasuk dalam kriteria sangat baik. Secara keseluruhan maka
multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kriteria baik atau sesuai untuk digunakan sebagai
media pembelajaran di sekolah dasar.

Kata Kunci
Multimedia Pembelajaran, IPS, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Abstract

This study aims to produce a good multimedia learning for social studies, fifth grade
elementary school with the matter ” Proclamation of Indonesian Independence ” in terms of
aspects of learning , curriculum aspects , aspects of the display , and programming aspects .
This research uses research development Borg and Gall (1989 ) with some steps that
preliminary research and initial data collection , planning , developing the initial product , the
initial stage of field trials , a major product revision , major field trials , product revision
operations , field tests operations , improved the final product . Data were collected using
questionnaires , observations and interviews . Data were analyzed by quantitative descriptive
analysis techniques . The results of the study indicate that the development of this kind of
multimedia learning is used as a learning medium , especially on the subject of the
environment and its preservation . Results of assessment procedures based multimedia
learning multimedia development : expert validation test material of 4.00 , 4.04 by media
experts . In the early stages of field trials with a mean of 3.76 , a major field trial with a mean
of 3.97 and for operational field trials of 4.35 is included in the criteria very well . Overall it ’s
a multimedia lesson included in either the criteria or appropriate for use as a medium of
learning in elementary school

Keyword
Multimedia Learning, Social Science, Proclamation of Indonesian Independence
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)