Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

1, Volume1,Nomor2, bulan Oktober 2012

PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATA DIKLAT ELEKTRONIKA DIGITAL DASAR KELAS X MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATF STAD (STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION) DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Penulis 1 : MEKI MARIZAL (08502242010)
Penulis 2 : Sri Waluyanti, M.Pd.
Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa kelas X Elind SMK Negeri 2 Pengasih dalam pembelajaran Elektronika digital dasar melalui pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achivement Division).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Elind SMK Negeri 2 Pengasih. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa keaktifan siswa dalam apersepsi mengalami peningkatan dari 26,25% pada siklus I menjadi 51,52% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 72,5% pada siklus III. Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok mengalami peningkatan dari 30,21% pada siklus I menjadi 59,38% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 80,21% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam presentasi kelas mengalami peningkatan dari 14,58% pada siklus I menjadi 36,46% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 61,46% pada siklus III. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari 36,46% pada siklus I menjadi 59,38% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 85,42% pada siklus III. Hasil belajar siswa mengalami penurunan pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 68,75 % kemudian menurun menjadi 59,38% pada siklus II dikarenakan materi pembelajaran siswa lebih sulit dibanding materi sebelumnya dan kemudian meningkat menjadi 78,13% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa mata diklat elektronika digital dasar siswa kelas X Elind SMK Negeri 2 Pengasih.

Kata Kunci
Peningkatan Penguasaan Konsep, Elektronika Digital Dasar, Pembelajaran Kooperatif STAD

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in mastery of the concept of class X Elind SMK Negeri 2 Mercy in learning basic digital electronics through cooperative learning STAD (Student Achivement Team Division).
This study is an action research (Classroom Action Research). The research was conducted in three cycles, with each cycle consisting of planning action, action, action observation and reflection actions. Subjects were students of class X Elind SMK Negeri 2 Compassionate. While data collection techniques through testing, observation, field notes and documentation. Analysis of the data used in this study is a qualitative analysis techniques.
The result showed that the apperception active students increased from 26.25% in the first cycle to 51.52% in the second cycle, and increased again to 72.5% in the third cycle. Active students in the discussion group increased from 30.21% in the first cycle to 59.38% in the second cycle and increased to 80.21% in the second cycle. Active students in class presentations increased from 14.58% in the first cycle to 36.46% in the second cycle and increased to 61.46% in the third cycle. Active students in following type STAD cooperative learning increased from 36.46% in the first cycle to 59.38% in the second cycle and increased to 85.42% in the third cycle. Student learning outcomes are decreasing in the first cycle of students who pass by 68.75% and then decreased to 59.38% in the second cycle students because the learning materials is more difficult than the previous material and then increased to 78.13% in the third cycle. Based on the results of this study concluded that the implementation of STAD cooperative learning can improve students’ mastery of the concept of training the eye basic digital electronics class X Elind SMK Negeri 2 Pengasih.

Keyword
Improved Concept Mastery, Basic Digital Electronics, Learning STAD cooperative
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)