Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

1, Volume1,Nomor2, bulan Oktober 2012

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR OPERASIONAL AMPLIFIER (OP-AMP) BERBASIS FLASH UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Penulis 1 : INDRIYANTO (04502241022)
Penulis 2 : Herman Dwi Surjono, Ph.D
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang, membuat dan menguji kelayakan media pembelajaran dasar operasional amplifier untuk siswa SMK. Media tersebut  dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran ini dirancang dan dibuat dengan mengkombinasikan berbagai macam obyek multimedia seperti teks, gambar, animasi dan tombol.Bahan materi pelajaran yang digunakan dalam media ini adalah teori-teori dasar operasional amplifier baik simbol, model rangkaian penguat, maupun persamaan penguatan rangkaian.

Metode penelitian ini adalah Research and Development (penemuan, pengembangan dan pengujian produk) yang bersifat longitudinal (beberapa tahap). Adapun tahap – tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut :1) analisis kebutuhan, 2) mengembangkan desain pembelajaran, 3) mengimplementasikan 4) melakukan pengujian terhadap produk hasil pengembangan. Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan cara dokumentasi dan angket tertutup. Pada tahap validasi melibatkan ahli media pembelajaran dan ahli materi yaitu sebagai penilai serta penguji kelayakan media yang dikembangkan, sedangkan para siswa digunakan sebagai uji pemakaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran dasar operasional amplifier (op-amp). Hasil uji kelayakan menurut ahli materi ditinjau dari aspek materi diperoleh persentase sebesar 83.93 % (kategori sangat layak), ditinjau dari aspek kedalaman materi diperoleh persentase 75 % (kategori layak), ditinjau dari aspek evaluasi diperoleh persentase 75 % (kategori layak) sehingga total persentase adalah 77.98 % (kategori sangat layak). Menurut ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek desain mendapatkan persentase sebesar 80,77% (kategori layak), ditinjau dari aspek kejelasan informasi 81,25 % (kategori sangat layak) sehingga total persentase adalah 81.01 (kategori sangat layak). Hasil uji pemakaian dari siswa memperoleh persentase sebesar 74.63 %.Tingkat validitas secara keseluruhan dari semua responden adalah 78.43 % dengan kategori sangat layak.Berdasarkan hal tersebut, maka media pembelajaran interaktif dalam penelitian ini sangat layakdigunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar di SMK.

Kata Kunci
Pengembangan, media pembelajaran, dasar operasional amplifier

Abstract

This study aims to design, build and test the feasibility of an operational amplifier basic instructional media for vocational students. Media can be used as a means of supporting learning and teaching processes. Instructional media is designed and manufactured by combining a variety of multimedia objects such as text, images, animation and tombol.Bahan subject matter used in the media is the basic theories of good operational amplifier symbol, the amplifier circuit model, as well as the strengthening of the circuit equations.
This research method is the Research and Development (discovery, development and testing of products) that are longitudinal (multiple stages). As for the stage - the stage is done is as follows: 1) analysis of requirements, 2) develop instructional design, 3) implementing 4) perform testing of product development outcomes. Data was collected by way of documentation and the enclosed questionnaire. In the validation phase involves learning and media experts that matter experts as assessors and test the feasibility of media developed, while the students used as a test application. The data obtained and analyzed by quantitative descriptive analysis techniques.
The results of this study are in the form of basic instructional media operational amplifier (op-amp). The results of the expert due diligence aspect of the material terms of a percentage of the material obtained 83.93% (categorized as very feasible), in terms of the depth of the material aspects of the obtained percentage of 75% (categorized), viewed from the aspect of evaluation is obtained percentage of 75% (qualify) so that the total percentage of is 77.98% (categorized as very feasible). According to the terms of instructional media design aspects percentage gain of 80.77% (categorized), clarity of information in terms of aspects 81.25% (categorized as very feasible) so that the total percentage is 81.01 (categorized as very feasible). The use of student test results to obtain a percentage of 74.63%. Overall validity rate of all respondents is 78.43% with very layak.Berdasarkan these categories, the interactive learning media in this study were very layakdigunakan as a means of supporting the process of learning and teaching in SMK.

Keyword
development, instructional media, basic operational amplifier
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)