Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

1 (Juli-Agustus 2012) Vol. 1 No. 1

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL LEARNING (AVL) SEBAGAI PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA PADA MATERI LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT

Penulis 1 : ISNA REZKIA LUKMAN (08303244026)
Penulis 2 : Endang Dwi Siswani
Penulis 3 : Siti Marwati
Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam
bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah
menentukan tahap-tahap pengembangan media pembelajaran
AVL dan menentukan kualitas media pembelajaran AVL pada
materi larutan non-elektrolit dan elektrolit untuk peseta didik
SMA/MA sebagai media pembelajaran mandiri.

Model pengembangan yang digunakan adalah model
prosedural, dengan menggunakan model rancangan sistem
pembelajaran ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi dan evaluasi. Produk awal ditinjau dan diberi
masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media dan
ahli materi, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan
diberi masukan oleh lima orang guru kimia SMA/MA, dengan
menggunakan instrumen penilaian media pembelajaran audio
visual learning (AVL). Instrumen penilaian media pembelajaran
audio visual learning (AVL) berisi 4 komponen penilaian dan
terdiri atas 20 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa
skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria
kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas media
pembelajaran audio visual learning (AVL).

Hasil penelitian pengembangan ini adalah media
pembelajaran audio visual learning (AVL) berupa aplikasi dalam

\014
format file (.exe) yang dikemas dalam bentuk CD (compact
disk), sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa
SMA/MA. Media pembelajaran yang dikembangkan ini
memperoleh skor rata-rata 84,8 dengan skor maksimal 100.
Berdasarkan kriteria penilaian skor ideal, media pembelajaran
ini mempunyai kualitas sangat baik (SB), sehingga media ini
dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk
peserta didik SMA/MA

Kata Kunci
Media pembelajaran kimia, audio visual learning, larutan non-elektrolit dan elektrolit.

Abstract

This research was a development research in chemistry
education. The aims of this research were to determine the steps
of the development of AVL learning media and the quality of
audio visual learning (AVL) media in chapter non-electrolyte
and electrolyte solution as self–learning media for senior high
school students.

The model of this development research was procedural
and using model of learning system design ADDIE, the steps of
Analyze, Design, Development, Implementation, and
Evaluation. The early product was reviewed and commented by
supervisor lecture, peer reviewer, subject matter and media
expert, then revised. The revised product evaluated and
reviewed by 5 chemistry teachers of senior high school, using
evaluation instrument of audio visual learning (AVL) media.
Evaluation instrument of audio visual learning (AVL) media
consist of 4 components and 20 indicators. The result of
evaluation was score and then tabulated and analyze by criterion
guidelines of ideal evaluation category to determine the quality
of the audio visual learning (AVL) media.

The result of this development research was audio visual
learning (AVL) media. It was an application in (.exe) format,
which is saved in compact disk (CD), as self-learning media for
senior high school students. This learning media obtained
average score of 84.8 with maximum score of 100. Based on
ideal evaluation category, the quality of this learning media was
very good, so that this learning media can be used as self-
learning media for senior high school students

Keyword
chemistry learning media, audio visual learning, non-electrolyte and electrolyte solution
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
November 2018
ASSRKJS
123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)