Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Matematika - S1

edisi 1 volume 1 Juli 2012

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

Penulis 1 : FAJAR SUSILO (07301244033)
Penulis 2 : SUGIYONO, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966.

Kata Kunci
LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966.

Keyword
LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
January 2015
ASSRKJS
123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
ARIN BACA PRASETYA ALUMNI, MALINDA YUDISIUM KEDUA KALI
KUNJUNGAN DARI UNIVERSITAS LAMPUNG
DISEMINASI HASIL BENCHMARKING DAN KUNJUNGAN KE LUAR NEGERI TAHUN 2014
BURUNG DIURNAL DI JALUR SAVANA BEKOL—HUTAN PANTAI BAMA
MAHASISWA BIOLOGI UNY TELITI CAPUNG DI TAMAN NASIONAL BALURAN


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)