Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Matematika - S1

edisi 1 volume 1 Juli 2012

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

Penulis 1 : FAJAR SUSILO (07301244033)
Penulis 2 : SUGIYONO, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966.

Kata Kunci
LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966.

Keyword
LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
March 2015
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
MAHASISWA BERPRESTASI TERMUDA PRODI MATEMATIKA BERSAING DI TINGKAT FAKULTAS
KUNJUNGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KARANGASEM BALI KE UNY
ISTW DUKUNG PENUH GURT KE JEPANG DAN KOREA
TIM MOBIL UNY KEMBALI TERBANG BERSAMA GARUDA
SIMPAUNY: BERMULA DARI ISENG


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)