Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Matematika - S1

edisi 1 volume 1 Juli 2012

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII SEMESTER 2

Penulis 1 : FAJAR SUSILO (07301244033)
Penulis 2 : SUGIYONO, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966.

Kata Kunci
LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas bahan ajar matematika dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas, serta mendeskripsikan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar matematika materi lingkaran dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, produk yang dikembangkan berupa LKS matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2. Dalam mengembangkan LKS ini peneliti mengacu pada model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap, yaitu Tahap Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VIII-E SMP N 20 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli media, lembar evaluasi bahan ajar oleh ahli materi, lembar evaluasi bahan ajar oleh guru, tes hasil belajar siswa, dan angket respons siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar matematika materi lingkaran yang dikembangkan dengan metode penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VIII semester 2 memiliki kualitas yang baik dilihat dari kriteria validitas dan efektivitas. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan LKS dinyatakan baik berdasarkan data hasil analisis angket respons siswa dengan skor total x = 966.

Keyword
LKS, Lingkaran, Penemuan Terbimbing.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
November 2014
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
WORKSHOP RUMPUNISASI KEAHLIAN DOSEN
FMIPA UNY GELAR SEMINAR HASIL PENELITIAN DAN PPM
DR. OFIANTO TELITI MODEL PENILAIAN HISTORICAL THINKING
AKU DAN PILIHAN KARIRKU
TALKSHOW BERSAMA SETYAWAN TIADA TARA


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)