Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

1 (Juli-Agustus 2012) Vol. 1 No. 1

KEEFEKTIFAN PENERAPAN CHEMISTRY GOLDEN BELL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 1 PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Penulis 1 : SEPTI SINARSIH (08303244037)
Penulis 2 : Prof. Dr. Indyah Sulistyo Arty, MS
Penulis 3 : Maryati, M.Si
Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan   teknik chemistry golden bell (CGB) terhadap peningkatan kualitas pembelajaran kimia di SMA N 1 Prambanan Sleman ditinjau dari aspek peningkatan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Prambanan Sleman yang berjumlah 212 peserta didik. Sampel pada penelitian   sebanyak 69 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas. Data motivasi belajar kimia peserta didik dianalisis menggunakan uji-t dan data prestasi belajar kimia peserta didik dianalisis menggunakan uji anakova.

Hasil analisis terhadap motivasi belajar menunjukkan bahwa ada          perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang     mengikuti pembelajaran kimia menggunakan teknik CGB dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia tanpa menggunakan teknik CGB                 (p= 0,045<0,05). Hasil analisis terhadap prestasi belajar menunjukkan bahwa    tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan teknik CGB dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia tanpa menggunakan teknik CGB       (p= 0,619>0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik CGB pada materi hidrokarbon tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA N 1 Prambanan Sleman tahun   ajaran 2011/2012.

Kata Kunci
keefektifan, chemistry golden bell (CGB), hidrokarbon

Abstract

The purpose of this research was to know the effectiveness of                 implementation chemistry golden bell (CGB) technique to improve chemistry teaching learning quality in the SMA N 1 Prambanan in the aspects of improving motivation and chemistry learning achievement of the students, if students      chemistry prior knowledge  was statiscally controlled.

The population of this research was 212 students at grade SMA N 1    Prambanan Sleman. The samples was 69 students and divided into two classes. The data chemistry learning motivation analyzed by t-test and chemistry achievement data of the students analyzed by anacova test.

The analyzed result of motivation learning, there was significant difference between students chemistry learning motivation that took  CGB technique and without CGB technique (p= 0,045<0,05). The analyzed results of chemistry achievement, there was no significant difference between students chemistry learning achievement that took CGB technique and without CGB technique       (p= 0,619>0,05). It can be concluded that the implementation of CGB technique for hydrocarbon matter learning was no effective to improve motivation and  chemistry learning achievement of students at grade X SMA I Prambanan Sleman academic year 2011/2012.

Keyword
effectiveness, chemistry golden bell (CGB), hydrocarbon
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
January 2018
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)