Jurnal UNY - Detail artikel

Risalah

Risalah Vol 3 Edisi 4 April 2014

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN TAHUN AJARAN 2013/ 2014 ””””””””

Penulis 1 : HENI DWI OKTAFIANI (10406241008)
Penulis 2 : M. Nur Rokhman, M. Pd.
Abstrak

ABSTRAK

Penelitian  ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi,  wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan  dalam metode ini adalah  analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 2 SMAN 2 Banguntapan selama ini masih dominan menggunakan metode ceramah. Siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran  sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran. Hal ini berpengaruh pada prestasi belajar siswa yang kurang optimal. (2) Implementasi metode pembelajaran aktif Index Card Match  dibantu dengan penjelasan materi  menggunakan  media  power point  dan dikolaborasikan dengan  reward and punishment  dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Banguntapan. Peningkatan prestasi pada siklus I  sebesar 34,14  terjadi dari 39,65 menjadi 73,79. Peningkatanprestasi  pada siklus II  sebesar 36,21  terjadi  dari 42,75 menjadi 78,96. Peningkatan prestasi pada siklus III sebesar 37,93  terjadi dari 44,48 menjadi 82,41.  (3)  Kelebihan dari implementasi metode pembelajaran aktif Index Card Match antara lain siswa lebih aktif dalam pembelajaran, kemampuan siswa lebih terasah, siswa lebih mudah memahami materi, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi metode pembelajaran aktif  Index Card Match  antara  lain kurangnya pemahaman siswa menge nai langkah metode pembelajaran aktif  Index Card Match  pada saat awal, siswa yang cenderung ramai, serta terdapat siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran.

Kata Kunci
Prestasi Belajar, Metode Pembelajaran Aktif, Index Card Match. ””””””””

Abstract

ABSTRACT

This was a classroom action research (CAR) study consisting of three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The data were collected through observations, interviews, and tests. They were analyzed by means of qualitative and quantitative techniques.
The results of the study were as follows.  (1)  The history learning in Grade XI of Social Studies 2 of SMAN 2 Banguntapan  was still dominated by the use of the lecturing method. The students were not much involved in learning so that they felt bored and were not enthusiastic enough to attend the c lass. This made their learning achievement not maximal.  (2)  The implementation of the Index Card Match active learning method assisted by material explanation using the power point media in collaboration with  reward and punishment  was capable of improving the history learning achievement of the students of Grade XI of Social Studies 2 of  SMAN 2 Banguntapan. The achievement improvement in Cycle I was  34.14, from  39.65  to  73.79.  The achievement improvement in Cycle II was 36.21, from 42.75 to 78.96. The achievement improvement in Cycle III was 37.93, from  44.48  to  82.41. (3)  The strengths of the implementation of the  Index Card Match  active learning method were indicated, among others, by the facts that the students were more active in  learning, their capabilities got sharpened, they found it easier to understand the materials, and it created more joyful learning. The constraints in the implementation of the  Index Card Match  active learning method were indicated, among others, by the facts that the students did not fully understand the steps in the  Index Card Match  active learning method at the beginning, they tended to be noisy, and some students were not active enough during the learning process. 

Keyword
Learning Achievement, Active Learning Method, Index Card Match ””””””””
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)