Jurnal UNY - Detail artikel

ADINEGARA

Vol Jan, No 1 (2014)

KUALITAS PELAYANAN PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) DEPOK II SLEMAN SETELAH SERTIFIKASI ISO 9001- 2008

Penulis 1 : ZULFA SALSABILA (09417141031)
Penulis 2 : Lena Satlita, M.Si.
Abstrak

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan di Puskesmas
Depok II Sleman setelah sertifikasi ISO 9001:2008.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Informan
kunci dalam penelitian ini adalah penyelenggara SMM ISO 9001:2008 Puskesmas
Depok II didukung oleh informasi dari pelaksana pelayanan Puskesmas Depok II
dan pasien atau pengguna jasa pelayanan. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan tiga cara yaitu wawancara langsung dengan informan kunci dan informan
pendukung, observasi dengan mengamati kegiatan pelayanan Puskesmas Depok II
serta sarana prasarana, dan dokumentasi kejadian dan suasana yang berlangsung
di Puskesmas Depok II serta bahan tertulis berupa dokumen- dokumen Puskesmas
Depok II. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang
terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pengujian kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di Puskesmas
Depok II tercipta dengan baik, hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya lima dimensi
kualitas pelayanan yaitu: 1) Reliability (kehandalan), 2) Responsiveness (daya
tanggap), 3) Assurance (jaminan), 4) Empathy (empati), 5) Tangibles (bukti
langsung). Kualitas Pelayanan di Puskesmas Depok II yang tercipta dengan baik
dikarenakan adanya pelaksanaan SMM ISO 9001:2008 dengan baik yang dapat
dilihat dari terpenuhinya lima elemen besar ISO 9001:2008 yaitu 1) Sistem
Manajemen Mutu, 2) Tanggung Jawab Manajemen, 3) Manajemen Sumber Daya,
4) Realisasi Produk, 5) Pengukuran, Analisa, dan Perbaikan.

Kata Kunci
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, ISO 9001:2008

Abstract

The purpose of this research is to determine the quality service of
community health center (puskesmas) DEPOK II SLEMAN after certification
ISO 9001-2008.
This research is a descriptive qualitative research. The type of data that
used in this research is primary data and secondary data. the key informants in this
research is the organizer of SMM ISO 9001:2008 of community health center
(puskesmas) DEPOK II SLEMAN and supported by the information from the
implementer of service of Puskesmas Depok II and patients or service users. Data
was collected in three ways: direct interviews with key informants and supporting
informant, observation by observing the service activities of Puskesmas Depok II
and also the infrastructure, and documentation of events and the atmosphere that
takes place in Puskesmas Depok II and written materials in the form of
documents of puskesmas depok II. The data analysis technique using interactive
data analysis technique that consists of data collection, data reduction, data
display and conclusion. The data credibility test using source triangulation
technique.
The results showed that the quality of service at puskesmas depok II
created properly, it can be seen from the fulfillment of the five dimensions of
service quality, namely: 1) Reliability, 2) Responsiveness, 3) Assurance, 4)
empathy, 5) Tangibles. the quality of service in Puskesmas Depok II have been
created well due to the implementation of SMM ISO 9001:2008 which can be
seen from the fulfillment of the five major elements of ISO 9001:2008: 1) Quality
Management System, 2) Management Responsibility, 3) Resource Management,
4) Product Realization, 5) Measurement, Analysis, and Improvement.

Keyword
Quality of Service, ISO 9001:2008
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
April 2020
ASSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)