Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. III No. 1 Tahun 2014

PENINGKATAN MINAT KARIR MELALUI METODE BIBLIOTERAPI PADA SISWA KELAS VIII F SMPN 1 PANGGANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Penulis 1 : SEPTIANA WAHYU SULISTYOWATI (09104244021)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat karir mulai siswa kelas VIII F SMPN 1 Panggang melalui metode biblioterapi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas model Kemmis & MCTaggart dengan subjek penelitian yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah skala minat karir, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Hasil uji validitas pada taraf 5% dengan N 63 taraf validnya ≥ 0,254 dan reliabilitas instrumen sebesar 0,809 memiliki reliabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus sebanyak dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat karir siswa dapat ditingkatkan melalui metode biblioterapi. Hal ini dapat dilihat dari data kuantitatif yaitu rata-rata skor pre-test 60,593 naik menjadi 98 (61,76%) pada siklus I post-test I. Pada siklus II kembali meningkat menjadi 104,656 (7,09%) pada post-test II. Jumlah rata-rata peningkatan yang terjadi setelah dua siklus sebesar 44,063 (68,847%).

Kata Kunci
minat karir, metode biblioterapi

Abstract

This study aims to improve the career interests of students to class VIII F SMPN 1 Panggang through bibliotherapy method. This study is an action research model Kemmis & MCTaggart with research subjects who are 32 students. Methods of data collection using the scale, observation, interviews, and documentation. The instrument used is the scale of career interests, observation, and interview guides. Validity test results at the level of 5% with a 63 degree N ≥ 0,254 and valid instrument reliability of 0,809 has a high reliability. The data analysis technique used is descriptive quantitative and qualitative. The study consisted of two cycles with each cycle as much as two actions. The results showed that the career interests of students can be enhanced through bibliotherapy method. It can be seen from the quantitative data that the average pre-test score of 60,593 rose to 98 (61,76%) in the first cycle post-test I. In the second cycle again increased to 104,656 (7,09%) on the post-test II. The average amount of the increase that occurred after two cycles of 44,063 (68,847%).

Keyword
career interest, bibliotherapy methods
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
May 2018
ASSRKJS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)