Jurnal UNY - Detail artikel

E Journal Bimbingan Dan Konseling

Vol. III No. 1 Tahun 2014

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII-H SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Penulis 1 : SINOK DAEVIK ARISTA (09104244011)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal melalui metode assertive training. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan subyek dilakukan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu skala kemampuan komunikasi interpersonal, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Metode assertive training ini dapat meningkatkan kemampuan interpersonal yang ditunjukkan dengan perubahan pola berfikir, mampu menata ucapan dan menyeleksi kata, mampu memperbaiki cara berkomunikasi, membangun hubungan yang baik, serta menghargai orang lain. Dibuktikan dengan adanya peningkatan pada 7 siswa kelas VIII-H SMP N 15 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 dari skor rata-rata pre test 133,25 meningkat pada skor rata-rata post test II menjadi 162,86, dengan peningkatan yang diperoleh adalah sebesar 63,71.

Kata Kunci
kemampuan komunikasi interpersonal, assertive training

Abstract

This research was aimed at improving students’ interpersonal communication skill through assertive training method.This research is an action research that consists of two cycles proposed by Kemmis and Taggart. Each of the cycle consisted of four procedures, i.e. planning, action, observation and reflection. The data collection techniques were interpersonal communication scale, observation sheet and interview guideline. The data analysis technique was descriptive quantitative. Some indicators including the change of mind set, the capability in organizing speeches and selecting appropriate words, fixing the way they communicate, establishing good relationships and respecting the others showed that assertive training method improved the students’ interpersonal skill. The improvement of the students’ test by 63.71 from their pre test at 133.25 to 162.86 on their post test also proved that assertive training was effective to improve the students’ interpersonal skill.

Keyword
interpersonal communication skill, assertive training
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
February 2018
ASSRKJS
123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)