Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

1, Volume1,Nomor2, bulan Oktober 2012

PERBANDINGAN BEBERAPA METODE PREDIKSI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN DATA MINING

Penulis 1 : CHANDRA RAMADHAN A (05502241004)
Penulis 2 : Handaru Jati, Ph.D
Abstrak

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut maka dapat dilakukan prediksi terhadap prestasi belajar siswa. Dengan prediksi ini maka siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dapat teridentifikasi lebih dini dan dibimbing secara khusus. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk memperoleh model prediksi menggunakan data mining dengan akurasi paling baik, pada kasus prediksi prestasi belajar matematika berdasarkan status sosial ekonomi orang tua, kedisiplinan siswa, dan prestasi masa lalu dengan populasi siswa kelas X di SMA Negeri 8 Yogyakarta.

Kata Kunci
status sosial ekonomi orang tua, data mining, prediksi prestasi, prestasi belajar

Abstract

There have been many studies conducted to determine the factors that affect student achievement. By knowing these factors can be performed predictions on student achievement. With these predictions the students who have low academic achievement can be identified early and nurtured in particular. The purpose of this study was to obtain a predictive model using data mining with the best accuracy, in the case of prediction learning mathematics achievement by socio-economic status of parents, student discipline, and past achievements with a population of class X in SMA 8 Yogyakarta.

Keyword
parental socioeconomic status, data mining, predictive performance, academic achievement
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
October 2017
ASSRKJS
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)