Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

1 (Juli-Agustus 2012) Vol. 1 No. 1

PENGEMBANGAN WEBSITE LABORATORIUM VIRTUAL KIMIA BERBASIS ONLINE UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 2

Penulis 1 : SEFTIAN PRAMUDYA (08303244020)
Penulis 2 : Rr. Lis Permana Sari
Penulis 3 : Erfan Priyambodo
Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan sumber
belajar dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini
adalah menghasilkan website laboratorium virtual kimia berbasis
online untuk peserta didik SMA/MA kelas XI semester 2 dan
mengetahui kualitas website laboratorium virtual berdasarkan
penilaian 5 guru SMA. Model pengembangan yang digunakan
mengadaptasi dari model ADDIE, yaitu Analyze, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Produk awal
ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, peer
reviewer, ahli materi dan ahli media, dan selanjutnya direvisi.
Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer (lima guru
kimia SMA di wilayah propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)
dengan menggunakan instrumen penilaian. Instrumen penilaian
website laboratorium virtual kimia sebagai sumber belajar
memiliki 6 aspek penilaian dan terdiri atas 2 0 indikator penilaian.
Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis
dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk
menentukan kualitas website laboratorium virtual kimia berbasis
online untuk peserta didik kelas XI semester 2 . Hasil penelitian
pengembangan ini adalah website laboratorium virtual kimia
berbasis online untuk peserta didik kelas XI semester 2 yang
dapat diakses melalui domain www.labvirtualkimia2b.com .
Berdasarkan penilaian reviewer, website laboratorium virtual
kimia yang dikembangkan ini memperoleh skor rata-rata 89 dari
skor maksimal 100 dan memperoleh persentase keidealan 89%

1


\014
sehingga termasuk dalam kategori sangat baik (SB). Berdasarkan
hasil penilaian tersebut, website laboratorium virtual kimia layak
digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik SMA/MA.

Kata Kunci
website laboratorium virtual kimia, sumber belajar,

Abstract

This research was the development research of learning
resources in chemical education. The aims of this research were

(1) to produce chemistry virtual laboratory website for the
students of SMA/MA class XI semester 2 and (2) to know the
website quality based on assessment of five senior high school
chemistry teachers. The model of development was adapted from
ADDIE model, the Analyze, Design, Development , Implementation,
and Evaluation. The initial product was reviewed
by supervisor, peer reviewers, material experts and media experts,
and then revised. The revised product was assessed by reviewers
(five senior high school chemistry teachers in the provin ce of
Daerah Istimewa Yogyakarta) using assessment instruments. This
instruments has six aspects, which consists of 20 indicators. The
scores were tabulated and analyzed with the guidelines criteria
assessments ideal category to determine the quality of t he
website. The results of this development research is the website
of chemistry virtual laboratory for SMA/MA student class XI
semester 2 which can be accessed through
www.labvirtualkimia2b.com. Based on reviewers assessment, the
quality of website is very good which have score of 89 from the
maximum score of 100 and gained 89% the percentage of ideal
score. Based on these assessments, this website fit for use as a
learning resource for SMA/MA students cla ss XI semester 2.

Keyword
chemistry virtual laboratory website, learning resource.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
August 2018
ASSRKJS
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)