Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

1 (Juli-Agustus 2012) Vol. 1 No. 1

KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Penulis 1 : RISTRI RAHAYU (08303244024)
Penulis 2 : Rr. Lis Permana Sari
Penulis 3 : Senam
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya
perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran menggunakan model
pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi, (2) ada tidaknya
perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang
mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model
pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi, apabila
pengetahuan awal peserta didik dikendalikan.

Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA
semester 2 SMA Negeri 2 Temanggung tahun ajaran 2011/2012 yang
berjumlah 125 peserta didik yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian
ini berjumlah 62 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas
eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model Students Facilitator
and Explaining (A1) dan kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan
model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi (A2).
Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur (Anakova A),
analisis regresi linier satu prediktor, dan analisis deskriptif.

1


\014
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan
aktivitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan yang
mengikuti pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi. Ada
perbedaan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimia peserta
didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Students
facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran dengan
model yang berorientasi pada pemrosesan informasi, apabila pengetahuan
awal peserta didik dikendalikan dengan harga p = 0,005 (p<0,050). Ada
hubungan yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar kimia
dengan pengetahuan awal kimia peserta didik dengam harga r2 = 0,173 dan p
= 0,001 (p=0,050). Sumbangan efektif pengetahuan awal kimia yang
diberikan sebesar 17,3 %.

Kata Kunci
Student Facilitator and Explaining, Aktivitas, Prestasi belajar

Abstract

This study aims to determine (1) whether there are some differences
in learning activities of students who follow the learning process applying
the Student Facilitator and Explaining and those who apply learning-
oriented model of information processing, (2) whether there are significant
differences between students’s chemistry learning achievement who apply
Student learning Facilitator and Explaining learning model and those who
learn Chemistry applying the learning-oriented model on information
processing, an initial knowledge of the learner-controlled.

The population of this study is the entire Science student of Grade XI
Semester 2 SMA Negeri 2 Temanggung year 2011/2012 which amounted to
125 students and divided into four classes. The research sample consists of
62 students divided into two classes, namely experiments class which
applying Students with Learning Facilitator and Explaining (A1) model and
control class which applying learning-oriented model on information
processing (A2). Hypothesis assessment applied one path analysis of
covariance (Anakova A), a predictor-linear regression analysis, and
descriptive analysis.

Based on the research results, it can be concluded that there are
differences in students’ activities achievement on Chemistry between
students who applied the Student Facilitator and Explaining model and
students who applied learning-oriented model on information processing.
There are positive relationship and significant difference between the
achievement of students studying chemistry who applied Students with
Learning Facilitator and Explaining model and students who applied
learning-oriented model on information processing, an initial knowledge of
students is controlled at a price p = 0.005 (p=0.050 ). There is a positive
relationship and insignificant between students studying chemistry and
chemistry students’ prior knowledge on r2 = 0.173 and p = 0.001 (p =

2


\014
0.050). Effective contribution of prior knowledge of chemistry given is
17.3%.

Keyword
Student Facilitator and Explaining, Activity, Achievement of grade.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
January 2018
ASSRKJS
123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)