Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENYUSUNAN NOVEL SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SEBAGAI MEDIA BELAJAR ALTERNATIF SISWA SMP KELAS VIII

Penulis 1 : SITI MUNAWAROH (08312244052)
Penulis 2 : Prof. AK. Prodjosantoso, Ph.D.
Penulis 3 : Surachman, MS.
Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas novel sains sistem peredaran darah
manusia sebagai media belajar alternatif siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian
dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini didasarkan pada model 4-D, tetapi
dibatasi hanya sampai tahap develop. Jadi, tahap-tahap dalam penelitian ini ialah define, design, dan
develop. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas instrumen validasi novel sains yang berupa
angket validasi novel sains serta instrumen penjaring respon siswa terhadap novel sains yang berupa
angket respon siswa terhadap novel sains. Hasil penelitian menyatakan bahwa novel sains yang
disusun memiliki kualitas baik dan layak digunakan sebagai media belajar alternatif siswa SMP kelas
VIII. Berdasarkan hasil validasi, setiap aspek pada novel sains memenuhi standar kelayakan yang
ditentukan yaitu lebih dari atau sama dengan kategori cukup. Pada bagian pertama novel sains (materi
sistem peredaran darah manusia) aspek materi berada pada kategori baik, aspek bahasa berada pada
kategori baik, aspek penyajian berada pada kategori baik, dan aspek kegrafisan berada pada kategori
cukup. Pada bagian kedua novel sains (cerita tokoh Sari dan kawan-kawan) aspek cerita berada pada
kategori sangat baik, aspek bahasa berada pada kategori sangat baik, aspek penyajian berada pada
kategori sangat baik, dan aspek kegrafisan berada pada kategori baik. Selain itu, novel sains ini juga
mendapat respon yang baik dari para siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil respon siswa
terhadap novel yaitu sebesar 85,94 %.

Kata Kunci
novel sains, media, alternatif

Abstract

Abstract

This research aims to determine the quality of the human cardiovascular system’s science
novel as an alternative learning media for eighth grade junior high school students. This research is
consist of research and development. The research was based on 4-D models, but limited to develop
phase. So, the phases of this research are define, design, and develop. The instruments in this
research consists of the science novel validation instrument which include the questionnaires sheet of
the science novel validation and the instrument to catch the students responses which include the
questionnaires sheet of the students responses to the science novel. From the research result, the
science novel has a good quality and fit to used for an alternative learning media for eighth grade
junior high school students. Based on the results of the validation, every aspect of the science novel
fulfill the specified eligibility standards, that is equal or more than enough category. In the first part
of the science novel (the human cardiovascular system), the material’s aspect is categorized to good,
the language’s aspect is categorized to good, the presentation’s aspect is in good category, and the
graphic’s aspect is categorized to enough. In the second part of the science novel (the story of
character Sari et al), the story’s aspect is categorized to very good, language’s aspect is categorized
to very good, presentation’s aspect is categorized to very good, and the aspect of graphic is include to
good category, the science novel also received good response from the students. It’s saw from the
percentage of students who responses the science novel that equals to 85.94%.

Keyword
science novel, media, alternative
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)