Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA PERUBAHAN MATERI DI SEKITAR KITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA BAGI SISWA SMP KELAS VII

Penulis 1 : NILIA FITHRIYYATI (10315244025)
Penulis 2 : Prof. Dr. IGP Suryadharma
Penulis 3 : Eko Widodo, M.Pd.
Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendapatkan LKS berorientasi scientific approach
pada tema “Perubahan Materi di Sekitar Kita” yang valid untuk meningkatkan pemahaman
konsep siswa. 2) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan
LKS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah research and development, yaitu
pengembangan LKS berorientasi scientific approach. Model penelitian diadopsi dari model
pengembangan Sivasailam Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang meliputi empat
tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pendefinisian dilakukan
dengan analisis kurikulum, analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, identifikasi
kebutuhan pembelajaran, dan perumusan tujuan pembelajaran. Perancangan draft awal LKS
disesuaikan dengan kebutuhan siswa di sekolah dan mengacu pada kurikulum 2013. LKS
divalidasi oleh dosen ahli, guru IPA, dan teman sejawat, selanjutnya diujikan secara terbatas
kepada 5 siswa kelas VII yang dipilih secara acak. Kemudian uji lapangan kepada 30 siswa
kelas VIIB SMP N 1 Wates semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Penyebaran LKS
dilakukan secara terbatas pada guru IPA kelas VII di SMP N 15 Yogyakarta dan SMP N 5
Depok Sleman. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data adalah lembar
validasi LKS, soal pretest,dan soal posttest. Data yang diperoleh yaitu skor penilaian LKS,
komentar dan saran dari validator, serta data peningkatan pemahaman konsep siswa. Teknik
analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kelayakan LKS berdasarkan saran dan skor
penilaian validator, dan analisis ketercapaian peningkatan pemahaman konsep menggunakan
standard gain. Hasil penelitian ini adalah: 1) LKS berorientasi scientific approach pada tema
“Perubahan Materi di Sekitar Kita” yang valid untuk meningkatkan pemahaman konsep
siswa, 2) Pembelajaran menggunakan LKS berorientasi scientific approach dapat
meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan perolehan standard gain sebesar 0,5 yang
masuk dalam kategori sedang.

Kata Kunci
Scientific Approach, LKS, Pemahaman Konsep

Abstract

ABSTRACT
This research aims to 1) create a students’ worksheet of “The Change of Matter
Around Us” oriented on scientific approach that is valid to improve student’s comprehension
concept, 2) determine the improvement of student’s comprehension concept through the
development student worksheet. This research conducted through research and development
design that is development of student worksheet oriented on scientific approach. Research
model adopted from Sivasailam Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) that contains four
steps: define, design, develope, and disseminate. Define was done by analysis of curriculum,
analysis of the main and basic competence, identification of learning needs and formulating
of learning objectives. Design of student worksheet adjusted to learning needs and refers to
curriculum 2013. Student worksheet was validated by the expert, science teacher, and peer
reviewer and evaluated by pre-implementation to 5 students of VII grade who selected
randomly. Moreover, it is implemented to 30 students of grade VIIB SMP N 1 Wates on odd
semester in the academic year 2013/2014. Disseminate of student worksheet limited to
science teachers in SMP N 15 Yogyakarta and SMP N 5 Depok Sleman. The instruments
which were used to get the data are validation sheet of student worksheet, pretest, and
posttest. Data were gathered by scoring of student worksheet, comment, and advice from
validators, and improvement of student comprehension concept. Data were analyzed by
descriptive analyze of student worksheet based on validator’s valuation and percentage of
achievement on comprehension concept used standard gain. Results show that 1) student
worksheet of “The Change of Matter Around Us” oriented on scientific approach is valid to
improve student comprehension concept, 2) The instruction, with student worksheet oriented
on scientific approach, improve student comprehension concept with 0,5 for standard gain
(medium category).

Keyword
scientific approach, student worksheet, comprehension concept
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)