Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERBASIS PENDEKATAN STM DENGAN TEMA “TEKNOLOGI PENJERNIHAN AIR SEDERHANA” UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMP N 3 PRAMBANAN

Penulis 1 : ZAINUDDIN AHMAD (09312244039)
Penulis 2 : Dr. Sukardiyono
Penulis 3 : Susilowati, M.Pd.Si.
Abstrak

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan LKS yang dikembangkan
berdasarkan penilaian dosen ahli, guru IPA SMP, dan teman sejawat (2) peningkatan
keterampilan proses sains siswa ketika menggunakan LKS hasil pengembangan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D,
yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan
Disseminate (penyebaran), namun dalam pelaksanaannya hanya sampai pada tahap Develop.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian LKS, angket respon
siswa, dan lembar observasi keterampilan proses sains. Pada penelitian ini diperoleh 3
macam data, yaitu data penilaian produk LKS yang dikembangkan, data respon siswa, dan
data keterampilan proses sains siswa. Data penilaian produk dianalisis menggunakan
konversi skor skala 5, data respon siswa dianalisis menggunakan konversi nilai persen,
sedangkan peningkatan keterampilan proses sains siswa dianalisis menggunakan gain score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS hasil pengembangan dinilai “sangat
baik” menurut penilaian dosen ahli, guru IPA SMP, dan teman sejawat;(2) LKS hasil
pengembangan dapat meningkatkan keterampilan proses siswa. Hal ini ditunjukkan dengan
gain score keterampilan proses sains keseluruhan sebesar 0,65 (sedang).

Kata Kunci
LKS, STM, Keterampilan Proses Sains.

Abstract

Abstract
This research has aim to determine: (1) the worthiness of worksheet based on valuation
from expert lecturers, science teacher, and peers, (2) enhancement of students’ science process
skills.
This research is research and development (R&D). The development of worksheet use 4D

models: Define, Design, Develop, and Disseminate, but in the practice only reached to
Develop phase. The instrument used in this research is the assessment worksheets, student
questionnaire responses, and observation sheets of science process skills. In this research
obtained three kinds of data, there are the worksheets assessment data, student response data,
and science process skills data. The worksheets assessment data were analyzed use 5 scale score
conversion, student response data and attainment of STM phase data were analyzed use percent
conversion values, and science process skills data were analyzed with gain score.
The result showed that (1) LKS rated ”excellent” by reviewers so suitable to be used in
the class; (2) the worksheets improve the science process skills, the totally result of gain score for
science process skills is 0.65 (medium).

Keyword
worksheet, STM, Science process skill .
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)