Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT) PADA TEMA “PRINSIP TUAS DI LENGANKU YANG BEROTOT” DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VIII B SMP NEGERI 3 PRAMBANAN

Penulis 1 : RIDWAN IRIANTO (09312244010)
Penulis 2 : Sabar Nurohman, M.Pd.
Penulis 3 : Asri Widowati, M.Pd.
Abstrak

ABSTRAK
1)
Ridwan Irianto
2)
Sabar Nurohman, M.Pd
1

3)
Asri Widowati, M.Pd
+6281804172821
FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta
Ridwanirianto@ymail.com

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan kooperatif tipe NHT dalam
pembelajaran IPA di kelas VIII B SMP Negeri 3 Prambanan; (2) peningkatan motivasi siswa
dengan menerapkan kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran IPA dan (3) peningkatan hasil
belajar IPA siswa setelah diterapkan kooperatif tipe NHT
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Prambanan. Jenis penelitian
ini termasuk dalam PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang langkahnya adalah: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi dan; (4) refleksi. Pengambilan data penelitian melalui observasi, tes, dan angket dengan instrumen penelitian berupa: lembar observasi; soal postest dan; lembar angket.
Observasi dilakukan untuk mengukur motivasi dan memberikan gambaran pelaksanaan
pembelajaran IPA dengan kooperatif tipe NHT. Tes dilakukan untuk mengukur hasil belajar.
Angket dan lembar observasi diberikan untuk mengetahui motivasi siswa. Adapun teknik analisis
data motivasi dan keterlaksanaan menggunakan rumus persentase, sedangkan untuk data kognitif menggunakan persentase jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
≥75%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran
IPA dapat 100% terlaksana dengan baik pada siklus 2. Penerapan kooperatif tipe NHT dalam
pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Siswa sudah memenuhi
persentase jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75. Selain itu,
siswa memberikan respon sangat positif terhadap penerapan kooperatif tipe NHT dalam
pembelajaran IPA. Hal ini berdasarkan persentase hasil angket respon siswa sebesar 77% siswa
merespon tinggi dan 23% siswa merespon sedang.

Kata Kunci
Kooperatif tipe Numbered Head Together ( NHT), motivasi siswa, persentase kriteria ketuntasan minimal

Abstract

ABSTRACT
This research aimed to determine : ( 1 ) adherence to the type NHT in learning science
at Junior High School eighth grade B 3 Prambanan , (2 ) increasing student learning
outcomes as applied science type NHT , and ( 3 ) by applying the percentage of student
motivation in learning type NHT .
The subjects were eighth grade students of SMP Negeri 3 B Prambanan . This
research included in TOD ( Classroom Action Research ) that steps are: 1 ) planning ,

2) implementation , 3) observation and , 4 ) reflection . Making research data through
observation , written tests , and questionnaires with research instruments such as: 1 ) the
observation sheet , 2) and posttest questions ; 3 ) copies of questionnaires ; 4 ) motivation
observation sheet . Observations conducted to measure the students’ collaboration skills and
provide an overview of the implementation of learning science with type NHT .
The written test was conducted to measure learning outcomes . Questionnaire was
administered to determine the students’ motivation . Observation sheet questionnaire to
determine students’ motivation . The data analysis techniques for the instrument observation
sheets and questionnaires sheet using a percentage formula , while for test item instrument
uses the percentage of students who meet the criteria for completeness Minimal ( KKM ) ≥
75 % . The results showed that the application of typeNHT in learning science can be 100 %
done well . Type NHT application in science learning can improve students’ learning
outcomes and motivation . Student has met the percentage of students who meet the criteria
for completeness Minimal ( KKM ) ≥ 75 . In addition , students responded very positively to
the application of NHT type in learning science . It is based on the percentage of the results
of student questionnaire responses of 77% of students responded very high and 23 % of
students were responding
.

Keyword
Cooperative Learning type Numbered Head Together (NHT), students motivation, criteria for completeness Minimal
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)