Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK YANG MENGINTEGRASIKAN LKS, VIDEO PEMBELAJARAN, DAN SISTEM EVALUASI OTOMATIS BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN TEMA HUJAN ASAM

Penulis 1 : NOVERIYANTI USWATUN (09312241011)
Penulis 2 : Sabar Nurohman, M.Pd.
Penulis 3 : Triatmanto, M.Si.
Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul elektonik yang layak untuk
meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan
modul elektonik menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate
namun, penelitian ini menerapkan tiga langkah yaitu define; design; develop. Teknik
analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif kelayakan modul, analisis deskriptif
peningkatan kemandirian belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan gain score.
Kualitas kelayakan modul ini dinilai sangat tinggi oleh reviewer dan siswa. Rata-rata
pencapaian kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan modul elektronik
melalui angket sebesar 58,46 (73,08%) sedangkan melalui lembar observasi sebesar 16,54
(68,90%). Selain itu, pembelajaran menggunakan modul dapat meningkatkan kemampuan
kognitif siswa yang ditunjukkan gain score pretes-postes sebesar 0,64 termasuk dalam
kriteria sedang.

Kata Kunci
Modul elektronik, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRACT
The aims of this study to produce a proper science module to improve the selfregulated

learning and learning outcomes of the students. Design of this study using 4-D
models, they are define, design, develop, and disseminate however, this study is applying
the three steps of define; design; develop. The analyst is done by descriptive analysis
worthiness module, the percentage increase in self-regulated learning, and increase gain
score of cognitive ability of students. Quality assessed the worthiness module very high by
reviewers and students. Achievement of student’s self-regulated learning by using
electronical module is reach average score 58,46 (73,08%) based on data questionnaire and
average score 16,54 (68,90%) based on data observation. And achievement of learning
outcome by used electronik module reaches middle category that showed by gain score
<g> 0,64.

Keyword
Electronik Module, Self-Regulated Learning, Learning Outcome
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)