Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP

Penulis 1 : NOVIKA LESTARI H (10312241025)
Penulis 2 : Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo
Penulis 3 : Susilowati, M.Pd.Si.
Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar
Kegiatan Siswa (LKS) IPA pada tema “Air sebagai Sumber Energi Alternatif”
berbasis Education for Sustainable Development (ESD) yang layak untuk
meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall
(1983) dengan langkah-langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan;
(3) pengembangan produk awal; (4) penilaian ahli; (5) revisi produk awal; (6) uji
lapangan; (7) revisi produk akhir; (8) diseminasi. Subjek coba pada penelitian ini
adalah siswa Kelas VIII C SMP N 4 Wates, Kulon Progo. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi angket untuk validasi LKS, soal pretest
dan posttest untuk ranah kompetensi literasi sains, dan angket untuk ranah sikap
literasi sains. Teknik analisis data untuk hasil validasi LKS menggunakan analisis
deskriptif, ranah kompetensi literasi sains menggunakan gain score, dan ranah
sikap literasi sains menggunakan persentase. Hasil penelitian ini adalah LKS IPA
dengan pendekatan ESD pada tema “Air sebagai Sumber Energi Alternatif” valid
untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Kata Kunci
LKS IPA, ESD, peningkatan kemampuan literasi sains.

Abstract

ABSTRACT
This study was conducted to develop a science worksheet by the theme of
“Water as a Resource of Alternative Energy” based on Education for Sustainable
Development which can improve the student’s scientific literacy. The method of
this study was a Research and Development (R & D) of Borg & Gall (1983),
including: (1) research and information collecting; (2) planning; (3) develop
preliminary form of product; (4) expert judgement; (5) main product revision; (6)
field testing; (7) final product revision; and (8) dissemination. The subjects of the
study were students of junior high school Wates 4 Kulon Progo. Data were
collected by means a validation sheets appropriateness of the science worksheet,
pretest and posttest for competencies of scientific literacy, and questionnaire for
attitudes of scientific literacy. The data was analyzed using descriptive analysis
for appropriateness of the science worksheet, gain score for competencies of
scientific literacy, and percentages for attitudes of scientific literacy. The result of
the study is science worksheet based on Education for Sustainable Development
by the theme of “Water as a Resource of Alternative Energy” which valid to
improve students’s scientific literacy.

Keyword
science worksheet, ESD, improvement of scientific literacy
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)