Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI KELASVIII E SMP NEGERI 2 KALASAN

Penulis 1 : DIKY WAHYU PRIYAMBUDI (10312241008)
Penulis 2 : Dr. Sukardiyono
Penulis 3 : Sukarni Hidayati, M.Si.
Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan
pembelalajaran dengan pendekatan SAVI; (2) mendeskripsikan aktivitas belajar
peserta didik; dan (3) mengetahui pemahaman konsep peserta didik melalui
penerapan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam
pembelajaran IPA tepadu di kelas VIII E SMP Negeri 2 Kalasan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
desain model Kemmis & Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan
dan pengamatan serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas
VIII E SMP Negeri 2 Kalasan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 peserta
didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan
pendekatan SAVI, lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar peserta
didik dan soal tes tertulis untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran
dengan menerapkan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)
dalam pembelajaran IPA tepadu di kelas VIII E SMP Negeri 2 Kalasan termasuk
pada kategori sangat baik; (2) aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan
pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dalam pembelajaran
IPA tepadu di kelas VIII E SMP Negeri 2 Kalasan mengalami peningkatan
dengan kriteria sangat tinggi; dan (3) nilai pemahaman konsep peserta didik
dengan menerapkan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)
dalam pembelajaran IPA tepadu di kelas VIII E SMP Negeri 2 Kalasan
mengalami peningkatan dengan kriteria sangat tinggi.

Kata Kunci
pendekatan SAVI, aktivitas belajar, dan pemahaman konsep

Abstract

This research aims to: (1) describe the implementation of SAVI approach
in learning; (2) describe the learning activity; and (3) determine the concept
understanding through the implementation of SAVI approach (Somatic, Auditory,
Visual, Intellectual) in Integrated Science learning in the class VIII E SMP
Negeri 2 Kalasan.
This research is a Classroom Action Research (CAR) by Kemmis & Mc
Taggart which includes the step of planning, acting, observing and reflecting . The
subject of this research are students of class VIII E SMP Negeri 2 Kalasan at
academic year 2013/2014, amounting to 32 students. Data collection instruments
used in this research is the objective test to determine student concept
understanding, observation sheet to measure learning activity of student and
oservation sheet to determine the implementation of SAVI approach in learning.
The result of research shows: (1) implementation of SAVI approach in
(Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) in Integrated Science Learning is
excellent; (2) the students learning activity with implementation of SAVI
approach (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) in Integrated Science Learning
is excellent; and (3) the average of concept understanding with implementation of
SAVI approach (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) in Integrated Science
Learning is excellent.

Keyword
SAVI approach, learning activity, concept understanding
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)