Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1

Volume 3, Nomor 2, Maret - April 2014

PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA IPA TERPADU BERBASIS WEBBED PADA TEMA HUJAN ASAM UNTUK SISWA SMP/MTs KELAS VII

Penulis 1 : YEVIANIC CANDRA DEWI (08312244018)
Penulis 2 : Yuli Astono, M.Si.
Penulis 3 : Marfuatun, M.SI.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan, (1) mengetahui kelayakan LKS IPA Terpadu berbasis
webbed pada tema hujan asam untuk siswa SMP/MTs kelas VII; (2) mengetahui hasil
belajar siswa SMP/MTs kelas VII yang menggunakan LKS IPA Terpadu berbasis
webbed.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development).
Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan dan
Semmel yang kemudian diadaptasi menjadi 3-D dengan tahapan define, design, dan
develop. Pada tahap define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, analisis
tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan. Pada tahap design dilakukan
penyusunan tes, pemilihan media, pemilihan format dan rancangan awal LKS. Pada
tahap develop produk di validasi oleh dosen dan guru serta di ujicobakan kepada
siswa di SMP N I Srandakan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu
berupa angket untuk mengetahui kualitas LKS dan soal tes untuk mengetahui hasil
belajar siswa. Analisis data penelitian ini berupa analisis proses pengembangan
produk dan analisis kualitas produk.
Produk LKS IPA terpadu berbasis webbed pada tema hujan asam untuk siswa
SMP/MTs kelas VII layakdigunakan (dengan skor rata-rata 64,7) sedangkan
berdasarkan hasil ujicoba LKS, sebesar 94% dari 32 siswa memperoleh nilai di atas
KKM.

Kata Kunci
pengembangan LKS, pembelajaran model webbed, materi hujan asam

Abstract

The aim this study were to, (1) Find out the feasibility of integrated sciences
student’s worksheet based on webbed of the acid rain topics for 7
th grade junior high scool students (SMP/MTs); (2) Find out the students assesment of 7
th grade students of SMP/MTs that use integrated sciences student worksheet based on webbed.
This study was a development study (Research and Development). The
delopment refers to the 4-D models by Thiagarajan and Semmel, which was later
adapted into 3-D models with the following steps : define, design, and develop. At
the define stage front-end analisys, student analisys, task analysis, concept analysis
and formulation of objectives were done . At the design stage, the test preparation,
media election, format election, and preliminary design of worksheets were
performed. At the develop stage, the products (worksheet) were validated by
lecturers, teachers, and also were tested to students of 1 Srandakan JHS. Instrument
was used in this study is a questionnaire to find out the quality of worksheet and
exercise questions to find out the students practice result/outcomes.
This integrated sciences student’s worksheet suitable to be used by 7
grade student, (got 64,7 average score from reviewer) while the test result of this worksheet
was 94% of the 32 students scoring above the minimum competences criteria KKM.

Keyword
worksheet development, webbed model learning, acid rain subject
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)