Jurnal UNY - Detail artikel

Bahasa Jerman - Theodisca Lingua

Vol. III, No. 1 Tahun 2014

KEEFEKTIFAN METODE CIRC PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 KAJEN PEKALONGAN

Penulis 1 : ARTIKA SULISTIANI (08203244035)
Penulis 2 : Drs. Sulis Triyon, M.Pd.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar

keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Kajen

Pekalongan antara yang diajar dengan metode CIRC dan yang diajar dengan

metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode CIRC pada

pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA N 1 Kajen

Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi

penelitian sebanyak 288 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan simple

random sampling. Jumlah sampel seluruhnya 62 peserta didik. Pengumpulan data

berupa tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Analisis data menggunakan

teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan prestasi

belajar keterampilan membaca bahasa Jerman yang signifikan peserta didik kelas

X SMA N 1 Kajen Pekalongan antara yang diajar dengan metode CIRC dan yang

diajar dengan metode konvensional, (2) penggunaan metode CIRC pada

pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA N 1 Kajen

Pekalongan lebih efektif daripada metode konvensional, dengan bobot keefektifan

sebesar 11,47%.

 

Kata Kunci
metode CIRC pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman

Abstract

The research was aimed to know (1) the differences of learning German

achievement of the student grade X SMA N 1 Kajen Pekalongan who taught using

CIRC and conventional method, (2) the effectiveness CIRC method on learning

German reading skill at SMA N 1 Kajen Pekalongan. The research was quasiexperiment.

The population of this research were 288 students. The simple

random sampling was used in the study. There were 62 students who became the

sample. The data collection technique was test. Hence, uji-t was used to analyze

the data. The result of the study showed that (1) there was significance differences

of learning achievement of German language of the student grade X SMA N 1

Kajen Pekalongan effective on learning reading skill than conventional method,

with 11,47% of effectiveness quality.

 

Keyword
CIRC method on learning reading skill of German language
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)