Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 1, Januari-Februari 2014

EFEKTIVITAS PENERAPAN KELAS BERPINDAH (MOVING CLASS) DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Penulis 1 : TRIYONO (09502244008)
Penulis 2 : Muhammad Munir, M.Pd
Abstrak

Efektivitas Penerapan Kelas Berpindah di SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan sistem kelas berpindah di SMK Negeri 2 Pengasih. Sampel diambil
secara acak berstrata. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran, siswa kelas XI dan siswa XII
SMK Negeri 2 Pengasih. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data dianalisa
dengan analisa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kelas berpindah secara
keseluruhan dikategorikan cukup baik, dengan presentase 73,49% menurut guru dan presentase 73,16% menurut
siswa.

Kata Kunci
efektivitas, kelas berpindah

Abstract

The Efectiveness of The Moving Class Aplication in SMK Negeri 2 Pengasih. This study aims to
investigate the effectiveness of the moving class applied in SMK Negeri 2 Pengasih. The data sources included the
principal, productive subject teachers, normative-adaptive subject teachers, and students of Grades XI and XII.
The data were collected through a questionnaire, interviews, and documentation. The data analysis technique in
the study was the descriptive statistics. The results of the study show that on the whole the application of the
moving class in SMK Negeri 2 Pengasih is moderately effective, from teachers indicated by a percentage of
73.49%, from students indicated by a percentage of 73.16%.

Keyword
effectiveness, moving class
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)