Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 1, Januari-Februari 2014

KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIK, MANAJER, MOTIVATOR DAN SUPERVISOR TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

Penulis 1 : TAWAKAL SETIADI (10502247012)
Penulis 2 : Dr. Putu Sudira
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kepala sekolah sebagai pendidik, manajer,
motivator, dan supervisor terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta, 2) faktor apakah yang
memiliki pengaruh paling besar diantara faktor kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator dan
supervisor terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian
ini adalah 40 orang guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Variabel penelitian adalah kepala sekolah sebagai
pendidik (X1), kepala sekolah sebagai manajer (X2), kepala sekolah sebagai motivator (X3), kepala
sekolah sebagai supervisor (X4), dan kinerja guru (Y). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
angket dan metode analisis menggunakan Regresi Sederhana dan Ganda 4 Prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, motivator dan
supervisor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta hal ini
dapat diketahui dari Rhitung (0,0497) > Rtabel (0,304). Sumbangan relatif yang diberikan tiap variabel
adalah kepala sekolah sebagai supervisor 46,4%, kepala sekolah sebagai motivator sebesar 28,23%,
kepala sekolah sebagai manajer sebesar 16,98%, dan terakir kepala sekolah sebagai pendidik 8,39%.
Dengan demikian faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja guru di SMK PIRI 1 Yogyakarta
adalah kepala sekolah sebagai supervisor.

Kata Kunci
Kepala Sekolah, Pendidik, Manajer, Motivator, Supervisor, Kinerja Guru

Abstract

This research was intended to identify (1) effect of headmaster as educator, manager, motivator
and supervisor on teacher performances and (2) which factor having greater influence among function of
head master as educator, manager, motivator and supervisor on teacher performance in SMK PIRI 1
Yogyakarta.
The research used ex post factor with quantitative approach. Subject was 40 teachers in SMK PIRI
1 Yogyakarta. Variable was head master as educator (X1), head master as manager (X2), head master as
supervisor (X3) and teacher performance (X4). Data was collected using questionnaire and was analyzed
using simple regression and 4-predictor multiple regression.
The result indicated that head master as educator motivator, supervisor have positive significantly
effect on teacher performance in SMK PIRI 1 Yogyakarta. it was indicated with Rcalculated (0.097) >
Rtable (3.304). Relative contribution of variables of head master as supervisor, motivator, manager and
educator were 46.4%, 28.23%, 16.98% and 8.39%, respectively. Therefore the most influencing factor for
teacher performance in SMK PIRI 1 Yogyakarta is headmaster as supervisor.

Keyword
head master, educator, manager, motivator, supervisor, teacher performance
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)