Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 1, Januari-Februari 2014

PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XI DI SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

Penulis 1 : PEBRI PRIHATMOKO (10502247010)
Penulis 2 : Suparman, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Motivasi Belajar
Siswa SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta Kelas X Dan XI, (2) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap
Motivasi Belajar Siswa SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta Kelas X Dan XI, (3) Pengaruh Kebiasaan
Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta Kelas
X Dan XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI jurusan teknik komputer dan jaringan yang
berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Metode angket di gunakan
untuk mengumpulkan data tentang Kebiasaan Belajar (X1), Fasilitas Belajar (X2) dan Motivasi Belajar
(Y). Uji Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan ujireliabilitas
menggunakan rumus Croanbach’s Alpha. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji Normalitas,
Linieritas, dan Multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi sederhana,
sedangkan hipotesis ketiga a menggunakan regresi ganda dua prediktor.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kebiasaan Belajar berpengaruh positif terhadap Motivasi
Belajar, di buktikan dengan nilai Rhitung (0,293) > Rtabel (0,231). (2) Fasilitas Belajar berpengaruh positif
terhadap motivasi belajar siswa hal ini di jelaskan dengan nilai Rhitung (0,233) > Rtabel (0,231). (3)
Kebiasaan Belajar dan Fasilitas Belajar bersama-sama berpenagruh terhadap Motivasi Belajar hal ini di
buktikan dengan nilai Rhitung (0,321) > Rtabel (0,231).

Kata Kunci
kebiasaan belajar, fasilitas belajar, motivasi belajar.

Abstract

This research was intended to study (1) effect of learning habit on learning motivation, (2) effect
of learning facility on learning motivation, and (3) simultaneous effect of learning habit and study facility
on learning motivation of students in Class X and XI of Networking Computer Engineering, SMK
Tamansiswa Jetis Yogyakarta.
Subject is 70 students in Class X and XI of Networking Computer Engineering. Data was
collected using questionnaire. The questionnaire was used to collect data on learning habit (X1), learning
facility (X2) and learning motivation (Y). Validity test of instrument used Product Moment correlation
and reliability test used Cronbach Alpha. Data analysis requirement test used normality test, linearity test,
and multicolinearity test. First and second hypothesis testing used simple regression, while third
hypothesis test used two-predictor multiple regression.
Result indicated that (1) learning habit influence positively learning motivation, with Rcalculated
(0.293)> Rtable (0.231). (2) Learning facility influence positively learning motivation with Rcalculated
(0.233) > Rtable (0231). (3) Learning habit and learning facility simultaneously influence learning
motivation with Rcalculated (0.321)>Rtable (0.231).

Keyword
learning habit, learning facility, learning motivation.
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)