Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 1, Januari-Februari 2014

PENGARUH KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA EKSTRAKURIKULER ELEKTRONIKA SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA

Penulis 1 : FERRI ANDIKA ROSADI (06502241032)
Penulis 2 : Muhammad Munir, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara kemampuan menghafal Al-Qur’an, motivasi belajar siswa baik secara terpisah, maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar ekstrakurikuler elektronika di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan analisis butir yang dihitung dengan rumus korelasi Product moment. Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda 2 prediktor. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif kemampuan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa ekstrakurikuler elektronika dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,409, dengan sumbangan efektif sebesar 12%; 2) Terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Ekstrakurikuler Elektronika dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0.451, dengan sumbangan efektif sebesar 16%; 3) Terdapat pengaruh positif dan kemampuan menghafal Al-Quran, motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa ekstrakurikuler elektronika, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi R sebesar 0,529, dengan sumbangan efektif sebesar 28 %.

Kata Kunci
kemampuan menghafal Al-Qur’an, motivasi belajar, prestasi belajar ekstrakurikuler elektronika

Abstract

This research aims to find out how the influence between the ability to memorize the Qur’an, learning motivation of students either separately or together against the achievements of extracurricular learning electronics Abu Bakar Islamic Integrated Junior High School. These studies include research on ex-post facto. Data retrieval method using question form and documentation. The validity of the research instrument is done with the analysis of grain that is calculated by the formula Product moment correlation. Reliability of instruments is calculated using Alpha Cronbach formula. The data analysis techniques were used to test the hypothesis is by correlation analysis technique product moment and multiple regression analysis techniques 2 Predictor.The results showed:1) There is a positive influence on the ability to memorize the Qur’an towards extracurricular student learning achievements in Abu Bakar Islamic Integrated Junior High School with a coefficient of correlation (rx1y) of 0,409, with the effective contribution of 12%; 2) There is a positive influence on learning motivation of Extracurricular student learning Achievements in Abu Bakar Islamic Integrated Junior High School with a coefficient of correlation (rx2y) of 0.451, with effective contribution amounting to 16%;3) There is a positive influence and the ability to memorize the Qur’an, learning motivation of extracurricular student learning achievements in Abu Bakar Islamic Integrated Junior High School, which is indicated by the value of the correlation coefficient R for 0.830 , with effective contribution by 28%.

Keyword
the ability to memorize the Qur’an, learning motivation, extracurricular learning achievements of electronics
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)