Jurnal UNY - Detail artikel

E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika)

Edisi 3, Volume 3, Nomor 1, Januari-Februari 2014

TRAINER TELEVISI WARNA DENGAN PENGATURAN DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI

Penulis 1 : ABDULLAH (06502241011)
Penulis 2 : Slamet, M.Pd
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan desain trainer televisi warna dengan pengaturan
digital, mengetahui unjuk kerja trainer televisi warna dengan pengaturan digital, dan menguji tingkat
kelayakan trainer televisi warna dengan pengaturan digital sebagai media pembelajaran pada mata
pelajaran memperbaiki sistem penerima televisi di SMK. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Objek
penelitian ini adalah trainer televisi warna dengan pengaturan digital. Tahap pengembangan produk
meliputi 1) Analisis, 2) Desain, 3) Implementasi, 4) Pengujian, 5) Validasi, dan 6) Ujicoba pemakaian.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi 1) Pengujian dan pengamatan unjuk kerja,
2) Angket penelitian. Adapun validasi media pembelajaran melibatkan dua ahli materi pembelajaran
dan tiga ahli media pembelajaran dan ujicoba pemakaian dilakukan oleh 33 siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa trainer televisi warna dengan pengaturan digital dapat bekerja sesuai dengan
tujuannya yaitu mampu memperagakan 16 simulasi kerusakan televisi secara nyata sehingga dapat
membuat siswa lebih cermat dan teliti dalam melakukan pengamatan gejala kerusakan pada televisi
warna. Hasil uji validasi isi media pembelajaran dari penelitian ini memperoleh persentase 89,9%
sehingga dikatagorikan sangat layak. Untuk uji validasi konstruk pada penelitian ini memperoleh
persentase 88,99% sehingga dikatagorikan sangat layak. Pada uji pemakaian kepada siswa SMK
persentase yang didapatkan sebesar 76,44% sehingga dikatagorikan sangat layak.

Kata Kunci
Research and Development, Televisi warna, TV trainer, media pembelajaran

Abstract

This study aims to create a design trainer color television with digital settings, determine the
performance of a trainer color television with digital settings, and to test the feasibility of a trainer
color television with digital settings as a medium of learning in subjects receiving television repair
system in vocational schools. This study uses a method of research and development. Object of this
study is a trainer color television with digital settings. Product development phase includes 1)
Analysis, 2) Design, 3) Implementation, 4) Testing, 5) Validation, and 6) the use of trial. Methods used
in collecting data include 1) testing and observation of performance, 2) Questionnaire study.
validation of a medium of learning involving two expert learning materials and three expert
instructional media, test usage by 33 students. The results showed that the trainer color television with
digital settings can be worked in accordance with the objective being able to demonstrate 16
simulated real damage to the television so that it can make students more careful and scrupulous in
observing symptoms on color television. Results of the content validation test instructional media from
this study obtained a percentage of 89.9% so it makes a very feasible category. Construct validation
test in this study obtained the percentage of 88.99% thus categorized as very feasible. testing the use
of vocational students, the percentage obtained was 76.44% so it makes a very feasible category.

Keyword
Research and Development, color television, TV trainer, learning media
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)