Jurnal UNY - Detail artikel

PEND. TEKNIK BUSANA - S1

Vol 02, No 1 (2013)

PENGEMBANGAN MODUL DASAR PENATAAN DISPLAY PADA MATA PELAJARAN PENATAAN DAN PERAGAAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 JEPARA

Penulis 1 : DESSY HARNANINGTYAS (08513241025)
Penulis 2 : Triyanto, S.Sn.,M.A.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul dasar penataan display pada mata pelajaran penataan dan peragaan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Jepara; 2) menguji kelayakan modul dasar penataan display pada mata pelajaran penataan dan peragaan sebagai sumber belajar bagi siswa kelas XI di  SMK Negeri 2 Jepara.

Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan prosedur penyusunan yang sesuai dengan model pengembangan menurut Borg and Gall (2008:11). Penelitian ini melibatkan 5 ahli, 10 siswa sebagai uji coba lapangan skala kecil, dan 74 siswa SMK Negeri 2 Jepara sebagai uji coba lapangan skala besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif data berupa uraian saran dari para ahli serta data hasil penilaian yang kemudian diubah menjadi nilai skor dengan skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengembangan modul dasar penataan display menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu; a) analisis produk, b) pengembangan, c) validasi ahli dan revisi, d) uji coba lapangan skala kecil, e) uji coba lapangan skala besar dan hasil akhir produk. 2) kelayakan modul dasar penataan displaydiperoleh dari hasil uji coba lapangan skala kecil pada 10 siswa yang menunjukkan bahwa masing-masing aspek memperoleh skor rata-rata lebih besar dari 3,25, yaitu aspek fungsi dan manfaat 3,33, aspek daya tarik modul 3,37, dan aspek materi pembelajaran 3,52. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa masing-masing aspek memperoleh hasil sangat layak. Kemudian hasil uji coba lapangan skala besar pada 74 siswa juga menunjukkan bahwa masing-masing aspek memperoleh skor rata-rata lebih besar dari 3,25, yaitu aspek fungsi dan manfaat 3,36, aspek daya tarik modul 3,37, dan aspek materi pembelajaran 3,32, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa masing-masing aspek memperoleh hasil sangat layak. Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa modul dasar penataan display pada mata pelajaran penataan dan peragaan sebagai sumber belajar untuk siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Jepara dinyatakan sangat layak untuk diterapkan kepada siswa.

Kata Kunci
Pengembangan, Modul, DasarPenataan Display

Abstract

This research aims to: 1)developing the Basic Display Arrangement Module on the Structuring and Demostrating Subject as a learning resource for 11th grade students of SMK Negeri 2 Jepara, 2) testing the feasibility of Basic Display Arrangement Module on Structuring and Demostrating Subject as a learning resourcefor for 11th  grade students of SMK Negeri 2 Jepara.

This research was based on Research and Development (R&D) method with the preparation procedures in accordance with the model of development based on Borg and Gall (2008:11). This research involved 5 experts, 10 students as small-scale field trials participant, and 74 students of SMK Negeri 2Jepara as large-scale field trials participant. The instrument used in this research was in questionnaires form. The technique used for data analysis was descriptive analysis which consists of expert advice and data assessment which is then converted into a score with likert scale.

The results of this research revealed that: 1) the development of Basic Display Arrangement Module is using 5 stages of development, which are : a) product analysis, b) product development, c) expert validation and revision, d) small-scale field trials, e) large-scale field trials and the final product. 2) The feasibility of Basic Display Arrangement Module obtained from small-scale field trials on 10 students who indicated that each aspects obtaining an average score higher than 3.25 are : aspects of the functions and benefits with the score of 3.33, module attractiveness aspect with the score of 3.37, and the aspect of learning materials with the score of 3.52. From that results, it can be concluded that each aspect earn very decent results. The results of the large-scale field trials on 74 students also indicated that each aspect with average score higher than 3.25 are : aspects of the functions and benefits with the score of 3.36, module attractiveness aspect with the score of 3.37, and the aspect of learning materials with the score of 3.32. It can be concluded that each aspect earns very decent results as well. To sum up Basic Display Arrangement Module on Structuring and Demostrating Subject as a learning resource for 11th grade students of SMK Negeri 2 Jepara is worth to be applied to the students.

Keyword
Development, Module, Basic Arrangement Display
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
April 2014
ASSRKJS
12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY
KULIAH UMUM BERSAMA DOSEN BELANDA
DISKUSI ILMIAH PGSC
KANWIL PAJAK SULUTTENGGOMALUT KUNJUNGI FE UNY
GARUDA INDONESIA DAN PT KAWAN LAMA SPONSORI FORMULA HYBRID PERTAMA DI INDONESIA
DR. PRIYANTO TELITI PENGGUNAAN E-LEARNING OLEH GURU SMK


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)