Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Guru PAUD S-1

Vol II No 10 Tahun 2013

PENINGKATAN PEMBIASAAN NILAI AGAMA, MORAL, SOSIAL, EMOSIONAL, DAN KEMANDIRIAN DI TK DHARMASIWI PURWOREJO, HARGOBINANGUN, PAKEM, SLEMAN YOGYAKARTA

Penulis 1 : TEGUH WALUYA (09111247011)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan dongeng untuk meningkatkan pembiasaan nilai agama, moral, sosial, emosional dan kemandirian anak TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Dengan dongeng diharapkan menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan pembiasaan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dilakukan 3 kali kegiatan pertemuan. Kegiatan pertemuan tersebut dilakukan di TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman Kelompok A yang berjumlah 13 anak terdiri 7 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Subjek dari penelitian adalah anak-anak TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman Kelompok A. Metode pengumpulan data  dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif berdasarkan hasil dari observasi tersebut, dengan melihat peningkatan persentase jumlah anak yang berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pembiasaan nilai-nilai agama, moral, sosial, emosional, dan kemandirian anak-anak TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Anak-anak TK Dharmasiwi Purworejo pada pra siklus menunjukkan bahwa masih rendahnya pembiasaan nilai-nilai agama, moral, sosial, emosional, dan kemandirian yaitu masih berada pada kategori mulai berkembang. Pada siklus I anak TK Dharmasiwi Purworejo yang sudah berkembang sesuai harapan hanya 3 orang atau sebesar 30,7%. Peningkatan pembiasaan nilai agama, moral, sosial, emosional, dan kemandirian menunjukkan peningkatan pada siklus II yaitu peningkatan sebesar 75% dari 13 anak.

 

Kata Kunci

Pembiasaan Nilai, Golden Age

Abstract

This study  aimed to  describe the use  of fairy tales to increase habituation religious values, moral, social, emotional, and independent of kindergarten children Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman Yogyakarta. The fairytale is expected to be an effective method to increase the values of habituation. This study is an action research (PTK) conducted in two cycles, each cycle is done three times to meetings. The meetings conducted in TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman group A numbering 13 children comprised 7 men and 6 women. Subject of the study were children TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman Group A. Methodes of data collection in this study is the observation and documentation. The research data were analyzed by descriptive quantitative result of these observation, to see an increase in the percentage of children who develop according to expectation. The result showed that there is increased habituation religious values, moral, social, emotional, and independence of children TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman. The children of TK Dharmasiwi Purworejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman on pra  siklus showed that the low habituation religious values, moral, social, emotional, and independence is still in the category began to develop. The child of TK Dharmasiwi Purworejo Hargobinangun, Pakem, Sleman on the first cycle that has developed as expected just three people or 30,7%.  Habituation increased value of religious, moral, social,  emotional, and self reliance in tk dharmasiwi purworejo, hargobinangun, pakem, sleman indicated an increase n cycle two, an increase of 75% from 13 children.           

Keyword

Habituation Value. Golden Age

Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)