Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Guru PAUD S-1

Vol II No 10 Tahun 2013

UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK KELOMPOK B MELALUI KEGIATAN BERMAIN AKTIF DI TK PEMBINA KECAMATAN BANTUL

Penulis 1 : ADHITA RESTU HANUN PRAWISTRI (11111247025)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak Kelompok B TK Pembina Kecamatan Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Model penelitian yang digunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 24 anak Kelompok B TK Pembina Kecamatan Bantul, yaitu 14 anak perempuan dan 10 anak laki-laki, dengan rentang usia 5-6 tahun. Objek penelitian adalah rasa percaya diri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi dalam  pengumpulan data. Teknik analisa data dilakukan secara deskriptif  kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini indikator keberhasilannya yakni rasa percaya diri anak pada kelas jika 75% dari jumlah keseluruhan 24 anak telah memiliki kriteria berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain aktif dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Peningkatan rasa percaya diri tersebut dapat dilihat dari hasil data observasi yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan. Sebelum tindakan ketuntasan rasa percaya diri anak pada kriteria berkembang sesuai harapan 7 anak (29,17). Pada Siklus I ketuntasan rasa percaya diri anak meningkat pada kriteria berkembang sesuai harapan 12 anak ( 50%). Pada Siklus II yang memenuhi kriteria berkembang sesuai harapan ada 10 anak (41,67%) dan berkembang sangat baik ada 13 anak (54,17%). Dengan demikian pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai 95,84% dari 24 jumlah anak Kelompok B di TK Pembina Kecamatan Bantul telah mencapai indikator keberhasilan. Kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini yakni kegiatan bermain konstruktif dengan balok dan lego, bermain peran dengan memerankan suatu kejadian yakni bencana gempa bumi, bermain bebas dan spontan dilakukan saat istirahat, bermain musik menggunakan perkusi dan mengumpulkan benda-benda seperti mengumpulkan gambar-gambar ciptaan Allah dan manusia. Dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri anak Kelompok B TK Pembina Kecamatan Bantul. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.

Kata Kunci
rasa percaya diri, kegiatan bermain aktif

Abstract

The research aimed to increase Group B students’ self-confidence in TK Pembina, Bantul. The research type was a collaborative classroom action research. The research model used models Kemmis and Mc Taggart. The subjects were 24 students of Group B TK Pembina Bantul consisting 14 female and 10 male students in the range of 5-6 years of age. The object of the research was self-confidence. The collection data method were observation and documentation. The data analysis technique were descriptive qualitative and quantitative. The result showed that active play could increase the students’ self-confidence. As seen in the observations, there was improvement in each cycle. Before conducting active play, there were 7 expected-developed students (29.17%). In the Cycle I, the students’ self-confidence increased as the result showed there were 12 expected-developed students (50%). Further, in the Cycle II resulted in 10 expected-developed students (41.67%) and 13 well-developed students (54.17%). So, the objective learning has been achieved since 95.84% of 24 students in Group B of TK Pembina Bantul passed the indicator. Activities undertaken in this study were constructive play activities with blocks and lego, a role play with the earthquake occurrence, and spontaneous free play performed at rest, using percussion playing music and collecting objects like pictures of creation God and man. These activities could increase the child’s confidence of Group B in TK Pembina Bantul District. Cycle II was considered as the final sequence in this classroom action research because it has reached the expected indicator criteria.

 

Keyword
self-confidence, active play
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)