Jurnal UNY - Detail artikel

Pendidikan Guru PAUD S-1

Vol II No 10 Tahun 2013

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENCIPTA DARI BENTUK GEOMETRI PADA KELOMPOK B TK MUSLIMAT NU TAMANAGUNG I MUNTILAN

Penulis 1 : SRI YULI RISTANTI (11111247031)
Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas anak Kelompok B di TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan melalui kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada bulan Juni 2013. Penelitian ini mengunakan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek yang diteliti adalah 20 anak Kelompok B TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah kreativitas anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila kreativitas anak Kelompok B mencapai 76%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada kondisi awal kreativitas anak Kelompok B sebesar 25%, akhir Siklus I sebesar 65% dengan menggunakan bahan kertas asturo, dan akhir Siklus II sebesar 80% dengan menggunakan bahan spon. Penelitian dihentikan sampai Siklus II karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan yaitu >76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak Kelompok B TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan mengalami peningkatan melalui kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri, yang dilakukan dengan cara memberi kebebasan kepada anak untuk melakukan kegiatan bermain mencipta dari bentuk geometri sejenis atau dari satu bentuk geometri, mencipta dari bentuk geometri yang bervariasi atau dari perpaduan beberapa bentuk geometri, dan mencipta dari bentuk perpaduan geometri sejenis dan bervariasi pada Tahun Ajaran 2012/2013.

Kata Kunci
kreativitas, mencipta dari bentuk geometri, anak Kelompok B

Abstract

This research aimed to improve childs’ creativity in Group B of TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan through geometric shapes creation playing activity. This research was a classroom action research conducted in June 2013. This research used two cycles, each cycle included four meetings. This research was conducted colaboratively between researcher and teacher. The subjects were 20 Group B children of TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan which consisted of 8 boys and 12 girls. The object was an childs’ creativity. Data collection techniques used observation and interwiew. Data analysis technique used quantitative descriptive. Success indicator in this research is if Group B childs’ creativity up to 76%. The results showed that childs’ creativity  was improved in each cycle. This improvement can be seen on the preliminary of Group B childs’ creativity conditions reached 25%, at the end of Cycle I reached 65% used asturo paper material, and the end of Cycle II reached 80% used sponge material. The research was stopped at Cycle II because was accomplished success indicator criteria which is >76%. It could be concluded that the Group B childs’ creativity of TK Muslimat NU Tamanagung I Muntilan was improved through geometric shapes creation playing activity, which was done by gived freedom to the childs to created similar geometric shapes or from one geometric shape, created a variety of geometric shapes or  shaped umpteen conjugate geometric, and created from mixing the similar and variety geometric shapes in the academic year of 2012/2013.

Keyword
creativity, geometric shapes creation, Group B children
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2017
ASSRKJS
12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)