Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KONSEP REDOKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TSTS PADA SISWA KELAS X SMAN 10 YOGYAKARTA

Penulis 1 : CANDRA AJITYAS A S (07303244061)
Penulis 2 : Heru Pratomo Al., M.Si.
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS, dan(2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TSTS, untuk materi redoks di kelas X SMAN 10 Yogyakarta.

Populasinya adalah seluruh siswa kelas X semester 2 SMAN 10 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 170 siswa dan terbagi dalam 5 kelas. Sampel berjumlah 68 siswa yang dibagi dalam 2 kelas yaitu sebagai kelas eksperimen (A1) dan sebagai kelas kontrol (A2). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Aktivitas belajar dianalisis secara deskriptif, sedangkan perbedaan prestasi belajar dianalisis dengan uji anakova.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS secara keseluruhan adalah baik, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, untuk materi pokok redoks di kelas X SMAN 10 Yogyakarta.

 

Kata Kunci
aktivitas, prestasi belajar, konsep redoks, TSTS

Abstract

The aims of this research were to find out: (1) learning activity of student who used TSTS learning model, and (2) the difference of learning achievement between the students that used TSTS learning model and students that did not, for redox material on grade X in SMAN 10 Yogyakarta.

The population was 170 students of 5 classes grade X in SMAN 10 Yogyakarta on the academic year 2012/2013, and  the sample was 68 students that divided into 2 classes, one as experimental class (A1) and one as controll class (A2). The samples were taken by purposive sampling method. The learning activity were analyzed by descriptively, and  the difference of learning achievement were analyzed by covariant analysis.

The results of this research indicated that: (1) the learning activity of the students that used TSTS learning model overall was good, and (2) there was not significant difference of learning achievement between the students that used TSTS learning model and students that did not, for redox material on grade X in SMAN 10 Yogyakarta.

Keyword
activity, learning achievement, redox concept, TSTS
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
September 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)