Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN KIMIA SISTEM KOLOID BAGI SISWA SMA/MA KELAS XI

Penulis 1 : ERINA HESTI RAHAYU (09303244028)
Penulis 2 : Dr. P. Yatiman, M.Sc.
Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan majalah kimia “ELEKTROFORESIS” yang berisi materi Sistem Koloid sebagai sumber belajar mandiri siswa SMA/MA kelas XI, dan mengetahui kualitas majalah kimia tersebut berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA/MA.

Pengembangan majalah kimia ini dibimbing oleh dosen pembimbing yang selanjutnya diberi masukan oleh peer reviewer dan ahli media. Dengan menggunakan instrumen, majalah kimia ini dinilai oleh 5 guru SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta. Instrumen penilaian berupa kuesioner yang meliputi aspek dan kriteria tertentu. Hasil penilaian merupakan data kualitatif yang kemudian diubah menjadi data kuantitatif yang selanjutnya ditabulasikan dan dianalisis dengan standar kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas majalah kimia.

Berdasarkan hasil penelitian, penilaian kualitas majalah kimia ELEKTROFORESISpada materi Sistem Koloid untuk siswa SMA/MA kelas XI oleh 5 reviewer diperoleh persentase ideal 87,25% sehingga dikategorikan sangat baik (SB). Dengan demikian, majalah kimia ELEKTROFORESIS dengan materi Sistem Koloid dapat digunakan sebagaisumber belajar mandiri siswa SMA/MA kelas XI.

Kata Kunci
pengembangan, majalah kimia, sumber belajar mandiri, sistem koloid.

Abstract

This research was a development research with the aims were to develop the chemistry magazine “ELEKTROFORESIS” as an independent learning source on the colloid system for students in SMA/MA grade XI and to determine the quality of the chemistry magazine based on the evaluation of SMA/MA chemistry teachers.

The development of the chemistry magazine was guided by supervisor and inputs were given by peer reviewer and media expert. By using the instrument, the chemistry magazine developed was evaluated by five SMA/MA chemistry teachers Yogyakarta. The instrument of the research was a questionnaire consisting of certain aspects and criteria. The result of the evaluation was qualitative data which were then converted into qualitative data. The qualitative data were tabulated and analyzed by using the criteria standard of the ideal evaluation category to determine the quality of the chemistry magazine.

The result of this research was chemistry magazine “ELEKTROFORESIS” as the independent learning source on the colloid system for students in SMA/MA grade XI. Based on the evaluation of five SMA/MA chemistry teachers, the chemistry magazine was concluded to be very good quality with the ideal percentage of  87,25 %. Therefore, the chemistry magazine can be as an independent learning source on the colloid system for students in SMA/MA grade XI.

Keyword
development, chemistry magazine, independent learning source, colloid system
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)