Jurnal UNY - Detail artikel

Pend. Kimia - S1

V,Vol.II, Oktober-November 2013

PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MATA PELAJARAN KIMIA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR UNTUK SMA KELAS X SEMESTER I

Penulis 1 : SULAIMAN YAHYA (09303249044)
Penulis 2 : Erfan Priyambodo, M.Si.
Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media Computer Assisted Instruction (CAI) mata pelajaran kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodic unsur untuk SMA kelas X semester 1 dan mengetahui kualitas media pembelajaran kimia tersebut berdasarkan penilaian reviewer  yaitu lima guru kimia.

Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur pengembangan melalui beberapa tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, uji coba lapangan tahap awal dan revisi produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli media, dan peer reviewer, dan selanjutnya direvisi. Media pembelajaran kimia yang telah dihasilkan dinilai oleh reviewer yaitu lima guru kimia SMA. Instrumen yang digunakan terdiri dari lima aspek yaitu aspek perangkat materi, aspek perangkat soal, aspek desain pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, aspek estetika. Hasil penilaian berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas media CAI mata pelajaran kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur untuk SMA kelas X semester 1.

Kualitas media CAI mata pelajaran kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur untuk SMA kelas X semester 1 berdasarkan penilaian lima orang guru kimia SMA adalah sangat baik dengan skor rata-rata penilaian kualitas media yaitu 144,8 dan persentase keidealan sebesar 87,76%.

Kata Kunci
sumber belajar, media pembelajaran, Computer Assisted Instruction, struktur atom, sistem periodik unsur

Abstract

    This research was a development research in science education. This obejectives od research to produce Computer Assisted Instruction (CAI) Media Subject Matter of Chemistry Atomic Structure and Periodic system of elements For Class X Students of Senior High School and to assess its quality based on reviewer’s assessment.

The developing model of this research was procedural model. The characteristic of this model was descriptive, describe the step that must followed in producing the product. This research begins by preliminary phase, planning phase, early product development phase, preliminari field test, and productk revision. The eraly media had been reviewed by supervisor, peer reviewer, and also media expert. After this procces, the media had been revised. The quality of this media was determined by five chemistry teacher of senior high school. This instrument included five aspect which are 1) the sets matter items, 2) the sets of test items, 3) instructional design, 4) software engineering, and 5) aesthetics. This score were tabulated and then analyzed to determine the quality of CAI Media Subject Matter of Chemistry Atomic Structure and Periodic System of Elements For Class X Students of Senior High School.

The quality of CAI Media Subject Matter of Chemistry Atomic Structure and Periodic System of Elements For Class X Students of Senior High School based on the assessment of five high school chemistry teacher is very good with an average score of quality assessment of media ideals, namely 144.8 and the percentage of 87.76%.

Keyword
learning resource, learning, Computer Assisted Instruction, atomic structure, periodic sytem of elements
Untuk Download silahkan terlebih dahulu

Shared

Calendar
December 2018
ASSRKJS
1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031

Form Login
User
Password
Security Code
Security Code


Pencarian


Jurnal berlangganan

search.epnet.com http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn066 http://search.proquest.com/



Berita UNY


Twitter @JournalMhsUNY
terjadai kesalahan pada twitter coba beberapa saat lagi Follow Me (@JournalMhsUNY)